PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI TK BUNGONG SELEUPOEK BANDA ACEH

Eliza Sapitri, Dara Septia, Dian Nurita, Raudhatul Zahwa Nasiva, Rizka Adelya, Lina Amelia

Abstract


Instrumen penilaian merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk melakukan proses evaluasi atau proses penilaian, baik berupa tes ataupun non-tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan instrumen penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di TK Bungong Seleupoek. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan persepsi guru terhadap penggunaan instrumen penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Dimana alasan perbedaan persepsi ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru terhadap penggunaan instrumen penilaian Kurikulum Merdeka, dikarenakan pengaplikasian Kurikulum Merdeka di TK Bungong Seleupoek masih dalam jangka waktu yang singkat. Berbeda dengan pengaplikasian Kurikulum 2013 di TK Bungong Seleupoek yang sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama.


Keywords


Persepsi Guru; Instrumen Penilaian; Kurikulum; Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Divan, S., & Gervasius Adam. (2023). Persepsi Guru di Gugus Langke Rembong Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1580–1596. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7152

Elok Endang Rasmani, U., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Shofiatin Zuhro, N., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Implementasi Manajemen Pembelajaran Proyek Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 567–578. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Multahada, A. (2018). Assesment PAUD Pada Kurikulum 2013. Jurnal Primearly -100, I(2), 100–109.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Nur Aidila Fitria, Muhammad Yoga Julyanur, & Eka Widyanti. (2024). Langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 285–294. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572

Nurfaidatulhasanah. (2016). PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP – nurfaidatulhasanah. Cendekia, 15(Iv), 1–5. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i2.722

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Salim, K. (2014). Pengaruh Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan. University Teknologi Malaysia, 9(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/271205216

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Setiawan, A., & Ahla, S. S. `ul F. (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 93–114.

Standar, B., Pendidikan, D. A. N. A., Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., & Indonesia, R. (2022). Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suhendro, E. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 48–54. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.14




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v2i2.19031

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.