UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BIJI-BIJIAN DI TK MELATI KECAMATAN TANO TOMBANGAN ANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan biji-bijian . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, persiklus 3 pertemuan dengan empat tahapan yaitu:, tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini anak kelompok B TK Melati dengan jumlah 25 orang anak. Dalam pengumpulan data Peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 21 orang anak dengan presentasi 85% pada tahap Berkembang Sesuai Harapan. Setelah peneliti melaksanakan penelitian, maka didapatkan hasil pra siklus terdapat 0 anak dengan presentasi 0%, pada siklus 1 terdapat 10 anak dengan presentasi 42%, siklus 2 terdapat 17 orang anak dengan presentasi 69%, dan siklus 3 dengan 2 pertemuan terdapat 21 orang anak degan presentasi 86%. Sesuai dengan target pencapaian keberhasilan penelitian ini sudah dikatakan berhasil dengan kesimpulan bahwa pelaksanaan permainan biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Melati Tano Tombangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.
Bachtiar, M. Y., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Makassar, U. N. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI TAMAN KANAK-. 6(April).
Gaol, S. L., Andriaty, M., Ali, M., Terbuka, U., Islam, P., Usia, A., Nahdlatul, U., Purwokerto, U., Info, A., Dini, A. U., Angka, M. K., & Bilangan, K. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK USIA DINI. 1, 7–22.
Husna Farhana, A. dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. UNIMED.
M, F. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran Paud. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, 1(1), 42–53.
Sari ,Desi R., et al. (2020). Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1–2.
Soemiarti, P. (2017). Pendidikan Anak Prasekolah. PT.Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Winarsih. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA BIJIBIJIAN PADA KELOMPOK A DI TK DARUL HIKMAH 2 KARANGAN BARENG JOMBANG. Jurnal PAUD Teratai, 6(3)
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v2i2.18235
Article Metrics
Abstract view : 26 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.