Upaya Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan

Rahmy Novita Sari, Rosmaimuna Siregar, Sri Wahyuni, Ferdiansyah Daulay

Abstract


Penelitian ini membahas upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru-guru di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan serta mengungkapkan berbagai kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam memotivasi guru-guru tersebut. Rumusan masalah terdiri, pertama bagaimana upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru di RA Darul Ulum. kedua kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam memotivasi guru. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam memotivasi guru-guru RA/TK di Kota Padangsidimpuan, serta untuk mengungkapkan kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam memberi motivasi. Subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru meliputi melakukan pembinaan dan pengembangan, menjalin komunikasi dan hubungan kerja yang baik, memberikan kesempatan untuk maju, serta pemberian penghargaan. Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam memotivasi guru yang terdiri faktor internal, kurangnya percaya diri guru, faktor eksternal sarana dan prasarana sekolah belum maksimal.


Keywords


Kepala Sekolah; Motivasi; Guru

Full Text:

PDF

References


Astuti. (2017). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).

Azyanti, S. (2018). Motivasi Kepala Sekolah. Yudha Englis Gallery.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Parsada.

Fikri, M., Malik Zulkarnain, A., & Fauzi, A. (2022). Kepemimpinan dan Komunikasi (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 315–323. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Kusnadi, M. (n.d.). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Cahaya Agency.

Latif, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Kencana.

Mas, S. R. (2020). Integrasi Kreativitas dan Inovasi Pada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Produksi. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3).

Maulidah, S. (2012). Pengantar Manajemen Agribisnis. UB Press.

Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 Nomor 137 Pasal 25. (n.d.).

Rahayu, F. A. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3).

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, C. R. (2012). Metode Peneitian Kualitatif. Grasindo.

Sohnaji, A. (2005). Dasar-Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet.

Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru. Uwais Inspirasi Indonesia.

Surakhmad, W. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Tarsito.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. (2012). Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Citra Umbara.

Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, L. F. (2021). Sistem Reward dan Punishment sebagai Pemicu dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(2), 1–11.

Winardi. (2001). Motivasi Pemotivasian dalam Manajemen. Raja Grafindo Persada.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i1.40-48

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.