UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMBELAJARAN STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PART PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD HIDAYAT DESA SITUMBAGA KEC. ANGKOLA SELATAN KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat perkembangan kreativitas anak meningkat apabila diterapkan pembelajaran STEAM dengan menggunakan media loose part yang dilaksanakan di PAUD Hidayat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, unjuk kerja serta dokumentasi. Pelaksanaan penelitian melalui tiga siklus secara sistematis dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian berdasarkan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan tingkat kreativitas anak dalam pembelajaran STEAM dengan bantuan media loose part pada pra siklus kreativitas anak Belum Berkembang (BB), pada siklus 1 tingkat capaian anak dengan skor 10%. Pada siklus 2 skor penilaian meningkat menjadi 5 anak yang mencapai perkembangan kreativitas dengan persentase 25%, sedangkan siklus 3 pencapaian perkembangan anak meningkat menjadi 17 dengan persentase 85% sesuai dengan hasil akhir tujuan penelitian ini. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa melalui kegiatan pembelajaran STEAM dengan menggunakan media loose part dapat meningkatkan kreativitas anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Enah Suminah, Yulianti Siantayani, dkk. 2015, Pedoman Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
H. Sahibabuddin, Modul Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Tulis Ilmiah Non Penelitian, Banten: Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Agama Provinsi Banten.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, & dkk., 2020, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
M. Nasir Djamil, 2013, Anak Bukan Untuk Dihukum, Jakarta: Sinar Grafika.
Nursakdiah, Fitriah Hayati, dkk., Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pembelajaran STEAM dengan Menggunakan Bahan Loosepart Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Volume 2, 1 April 2021
Nurul Qomariyah, Zahratul Qalbi, 2021, Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts, Vol.3, No. 1 Juni 2021
Permendikbud Nomor 146, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Tahun 2014
Ratih Kusumawardani, Laily Rosidah, Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun, 2018 FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS- Vol. 13, No. 1, Juni diakses hari Senin, 4 Juli 2022.
Rina Noviana, 2018, “Tingkat Kreativitas Anak di PAUD Taam qurrata A’yun Batusangkar, Skripsi, Disertai tidak diterbitkan, Batu Sangkar: FKIP IAIN Batusangkar.
Rini Agustini, dkk, Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Papan Flanel ,Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman | issn online : 2549-0427 | Vol. 7 No. 1 (2022).
Rita Mariyana, 2008, Pembelajaran Kreativitas Untuk Anak Usia Dini, Program Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.
Setiawan, Denny, 2014, Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.
Siti Wahyuningsih, Adriani Rahma Pudyaningtyas, & dkk., Efek Metode STEAM pada Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4, Issue 1, ISSN: 2549-8959.
Siti Wahyuningsih, Adriani Rahma Pudyaningtyas, dkk, Efek Metode STEAM pada Kratifiatas Anak usia 5-6 Tahun, Jurnal Pendidikan Anak usia Dini, Volume 4 Issue 1 (2022).
Sugiyono, 2018, Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, Modul Diklat Teknis Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas), Depok: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Utami Munandar, 2014, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Yeyen Febrianti, Yulia Djahhir, dkk., 2016, Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Anak dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang, Jurnal Profit Volume 3 Nomro 1 diakses, 03 September 2022.
Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.
Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.
Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).
Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.
Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.
Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.
Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i1.31-39
Article Metrics
Abstract view : 1189 timesPDF - 587 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.