SEJARAH BERDIRINYA PENDIDIKAN RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL QUR’AN ULFAH DI PADANGSIDIMPUAN

Rahmah Rahmah, Darliana Sormin, Sri Wahyuni, Rahmah Yasrah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana latar belakang berdirinya RA Al Qur’an Ulfah, mulai dari inisiator pendirian, upaya pendirian, jumlah siswa, guru, kepala sekolah pertama dan untuk mengetahui mengetahui bagaimana sejarah berdirinya pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Al Qur’an Ulfah di Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan menggunakan tehnik wawancara, bobservasi dan dokumentasi. Perkembangan RA Al Qur’an Ulfah Padangsidimpuan  saat ini dimana tiap tahunnya murid selalu berkembang atau bertambaah jumlah muridnya yang saat ini sudah mencapai rata-rata 300 yang diwisuda tiap tahunnya,  administrasi/manajemen sekolah RA Al-Quran Ulfah Padangsidimpuan sudah memiliki kurikulum/ pembelajaran, ketenagaan, sarana dan prasarana, keuangan, hubungan masyarakat, layanan khusus, administrasi kelas, yang sudah memadai dan berjalan sebagaimana mestinya serta sudah dilaksanakan seperti hubungan kepala sekolah dan guru-guru hubungan guru dan guru hubungan kepala sekolah dan siswa hubungan kepala sekolah dan orang tua hubungan guru dan orang tua sudah berjalan dan dilaksanakan sebagaimana seharusnya dan akan terus dikembangkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi.


Keywords


sejarah; Pendidikan; Raudhatul Athfal

Full Text:

PDF

References


A, D. (2012). Metode Penelitian Sejarah. Ombak,.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Arab-Indonesia. Pustaka Progressif.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).

Samad, I. A. (2013). Ilmu Sejarah. Hayfa Press.

Sjamsudin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Ombak.

Sulasman. (2014). Metodologi Penelitian Sejarah. Pustaka Setia.

Undang-Undang Dasar Tahun 1945. (n.d.).

Undang-Undang Pendidikan Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i1.23-30

Article Metrics

Abstract view : 589 times
PDF - 1154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.