UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN ALFABET DI TK ABA 1 PADANGSIDIMPUAN

Yusrani Yusrani, Darliana Sormin, Sri Wahyuni, Jumaita Nopriani Lubis

Abstract


Kemampuan kognitif anak di TK ABA 1 Padangsidimpuan masih harus ditingkatkan, hal ini disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam penggunaan media pembelajaran Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan alfabet. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK ABA 1 Padangsidimpuan pada kelompok B yang berjumlah 15 anak dengan menggunakan metode Tanya jawab, praktek langsung, pemberian tugas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, format hasil penelitian dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak. Hasil penelitian pada kondisi awal rendahnya kemampuan kognitif anak melalui permainan. Pada siklus I, perkembangan kognitif anak mulai meningkat dapat dilihat pada akhir siklus I nilai rata-rata persentase sebesar 31% dan mengalami kenaikan lagi pada akhir siklus II menjadi 76%. Dengan demikian disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan permainan alfabet dapat meningkatkan kemampuan kogniif anak.


Keywords


kemampuan Kognitif, Anak, Permainan Alfabet

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional.

Dhieni. (2005). Metode Pengembagan Bahasa. Universitas Terbuka.

Heriyadi. (2009). Statistik Pendidikan. Prestasi Pustaka Raya.

Karina, V. (2017). Smart Practice Book Belajar Membaca, Menulis Huruf, Angka, dan Kata. Erlangga.

Kemmis, S. and McTaggart, R. (2005). Participatory Action Research: Communicative Action and the Public Sphere. In Handbook of Qualitative Research.

Masitoh, D. (2005). Pembelajaran, Belajar AKtif di Taman Kanak-Kanak. DepDiknas.

N Y, S. (2011). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.

Puspitasari, C. I. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Edu Publisher.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini. Pustaka Pelajar.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i1.13-22

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.