PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH RUMAH TANGGA DI PAUD SAROHA DESA AEK NATAS ANGKOLA SELATAN

Halimatus Sya'diyah, Rini Agustini, Jumaita Nopriani Lubis, Isma Ayurani

Abstract


Kemampuan motorik halus anak usia dini di paud saroha belum berkembang secara optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan kegiatan kolase dengan media limbah rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subejek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun di PAUD Saroha desa Aek Natas Angkola Selatan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan data analisis melalui observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase dengan memanfaatkan limbah rumah tangga pada pra siklus rata-rata 1 dengan rata-rata persentase 6,7. Mlihat kemampuan motorik halus anak usia dini yang masih rendah maka di rncanakan siklus 1. Pada siklus 1 kemampuan motorik halus anak usia dini mulai meningkat dengan rata-rata 4,2 persentase sebanyak 28, pada siklus dua sudah mulai mengalami peningkatana dengan rata-rata 12,25 persentasenya sebanyak 81,6. Pada siklus dia kemampuan motorik halus anak usai dini sidah mengalami peningkatan namun belum sesuai dengan tingkat capaian yang di targetkan maka dilanjutkan pada siklu 3. Siklus tiga sudah mencapai rata-rata 13,75 dengan rata-rata persentase 91,6. Karena sudah mencapai target yang di harapkan maka penelitian dilaksanakan sampai siklus 3. Maka dapat disimpulan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase dengan memanfaat kan limbah rumah tangga di PAUD Saroha Desa Aek Natas Angkola Selatan meningkat.


Keywords


Motorik Halus, Kolase, Limbah Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. 2000. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bambang Sujiono, dkk. Metode Pengembangan Fisik, ed.1. Tangerang Selatan: Univesitas Terbuka.

Dahruji, Pipit Festi Wilianarti, Totok hendarto, “Studi Pengelolaan Limbah Usaha Mandiri Rumah Tangga dan Dampak bagi Kesehatan di Wilayah Kanjeran”, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1 Nomor 1 Februari 2017.

Departemen Agama Republik Indonesia, 2010. Al-qur’an dan terjemah. Bogor: SABIQ.

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, & dkk., 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Syihabuddin, Naf’an Tarihoran, & dkk. 2015. Modul Penelitian Tindakan Kelas Dan Karya Tulis Ilmiah Non Penelitian, Banteg: Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Banten 2015M/1437H.

Tim pusat pendidikan dan penelitian pegawai kementrian pendidikan dan kebudayaan. 2017. Modul diklat perencanaan pendidikan kementrian pendidikan dan kebudayaan, (Depok : pusat pendidikan dan penelitian pegawai kementrian pendidikan dan kebudayaan)

Tutu Hayati, Arin Tawati. 2021. Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kertas Kokoru, Jurnal Pendidikan Raudatul Athfal, Vol 4, No 2, September .

Usep Kustiawan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudra.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i1.1-12

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.