SISTEM INFORMASI MAGEMEN SURAT MENYURAT FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UM-TAPSEL

Paisal Hamid Marpaung

Abstract


Pelayanan akademik mahasiswa merupakan salah satu fasilitas yang didapatkan oleh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi. Salah satu bentuk pelayanan yang paling sering didapatkan oleh mahasiswa adalah pembuatan surat. Kegiatan pembuatan surat selama ini masih dilakukan secara langsung di Loket Pelayanan Akademik Mahasiswa Teknologi Informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi manajemen surat menyurat yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dan staf pelayanan akademik di Fakultas Sains dan Teknologi dalam melakukan prosedur standar permohonan dan pelayanan pembuatan surat. Metode sistem ini adalah metode waterfall berbasis web yang di implementasikan dalam bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework Laravel 5.4. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan suatu sistem untuk melayani pembuatan 15 jenis surat yang umum diperlukan oleh mahasiswa. Beberapa fitur dalam sistem untuk mahasiswa adalah fitur formulir pembuatan surat online dan fitur tampilan informasi status permohonan surat, sedangkan fitur untuk administrator adalah fitur tampilan permohonan surat dari mahasiswa, fitur pembuatan surat, dan fitur untuk mengubah status surat yang diminta


Full Text:

PDF

References


Faisal A. 2017. Sistem pelayanan akademik dan kemahasiswaan FMIPA IPB berbasis web [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

[Ilmu Komputer IPB] Ilmu Komputer IPB Profil Program Sarjana. 2016. Profil Program Sarjana Ilmu Komputer. (https://cs.ipb.ac.id/profil-program-sarjana/, diakses pada 28 Juli 2018).

Kilidagi A, Yilmaz HI. 2014. Laravel Design Patterns and Best Practices. Brimingham (UK): Packt Publishing Ltd.

Laudon KC, Laudon JP. 2014. Managemenet Information System. Ed ke-13. England (UK): Pearson Education.

McLeod R. 2007. Management Information Systems: A Study of Computer-based Information Systems. Ed ke-10. New Jersey (US): Prentice-Hall.

O’Brien JA, Marakas GM. 2011. Introduction to Information Systems. Ed ke-10. New York (US): McGraw-Hill.

Praditya DJ. 2015. Local e-Government: sistem pelayanan publik online di kecamatan Bogor Utara [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Pressman RS, Maxim BR. 2015. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. Ed ke-8. New York (US): McGraw-Hill.

Schneider C, Valacich J. 2010. Information Systems Today: Managing in the Digital World. Ed ke-4. New Jersey (US): Prentice-Hall.

Sitohang HT. 2018. Sistem informasi pengangendaan surat berbasis web pada pengadilan tinggi medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara. 3(1): 2541-3724.

Subagyo H. 2002. Surat Menyurat Lengkap. Surabaya (ID): Penerbit Amelia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jti.v1i1.15784

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.