EFEKTIFITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KOTA PEKANBARU
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Kota Pekanbaru beserta faktor penghambatnya. Metode penelitian ini kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada informan terpilih dan hasilnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Kota Pekanbaru khususnya melalui layanan drive thru dinilai “cukup efektif” dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB). Sejak diresmikan dan mulai beroperasi pada bulan Agustus 2021 layanan ini terbukti mampu meningkatkan minat masyarakat untuk membayar pajak tahunan baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Adanya 5 orang petugas yang ditunjuk langsung melalui nota dinas untuk bertugas di layanan drive thru membuktikan komitmen Bapenda Provinsi Riau untuk meningkatkan mutu pelayanan. Sosialisasi juga gencar dilakukan melalui media cetak dan media sosial. Pada tahun 2022, hanya terdapat 283 wajib pajak dari kendaraan roda dua dan 197 wajib pajak dari kendaraan roda empat yang memanfaatkan layanan drive thru. Jumlah ini terbilang masih sangat jauh dari harapan, apalagi Kota Pekanbaru merupakan daerah dengan jumlah penduduk tertinggi di Provinsi Riau. Realisasi pendapatan pajak tahunan lewat layanan drive thru di tahun 2022 hanya sebesar Rp.617.951.055 atau persentase 77% dari target. 2) Faktor penghambat efektivitas pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Kota Pekanbaru terdiri dari sistem Samsat yang terkadang error dan masih rendahnya ketaatan masyarakat membayar pajak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasbi, J. (2019). Otonomi dalam pemerintahan daerah. Yogyakarta: Andi offset.
Mahmudi. (2020). Manajemen kinerja sektor publik. Yogyakarta: STIM YKPN Press.
Moenir. (2017). Manajemen pelayanan umum di indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Rasyid, A. H. (2015). Dynamic governance: teori dan dinamika. Bandung: Prenada Media.
Sedarmayanti. (2009). Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Bandung: Refika Aditama.
Siagian, S. P. (2016). Teori pengembangan organisasi. Jakarta: Bumi Askara.
Sinambela, P.L. (2016.) Reformasi pelayanan publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, r&d. Bandung: Alfabeta.
Syafri, W. (2020). Studi tentang administrasi publik. Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang RI 2007 No. 28, Ketentuan Umum dan tata Cara Perpajakan
William, N. D. (2016). Public policy analysis (Edisi terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.
Article Metrics
Abstract view : 412 timesPDF - 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.