HUBUNGAN KEMUDAHAN AKSES INTERNET DAN MODAL MANUSIA TERHADAP PERTUMBUHAN PELAKU EKONOMI KREATIF (Studi Kasus Pada Sektor Kuliner di Kecamatan Bangkinang)

Ruwit Nurjamhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemudahan akses internet dan modal manusia terhadap pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif pada sektor kuliner di Kecamatan Bangkinang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 142 pelaku ekonomi kreatif sektor kuliner yang disebarkan mengggunakan simple random sampling. Dalam hal ini data dianalisis menggunakan program spss versi 22. Selanjutnya hasil menunjukkan, bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemudahan akses internet terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif sektor kuliner di Kecamatan Bangkinang. Selain daripada itu, hasil penelitian ini juga menemukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara modal manusia terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif sektor kuliner di Kecamatan Bangkinang. Bahkan, hubungan yang positif dan signifikan antara kemudahan akses internet dan modal manusia terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif sektor kuliner di Kecamatan Bangkinang juga ditemukan dalam penelitian ini. Dengan demikian, maka pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif akan terus meningkat dengan adanya kemudahan masyarakat mendapatkan akses internet yang terjangkau dan stabil pada suatu daerah serta didukung dengan modal manusia yang optimal.

Keywords


kemudahan akses internet; modal manusia

Full Text:

PDF

References


Abdi, M. K., & Febriyanti, N. (2019). Penyusunan strategi pemasaran islam dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi covid-19. el-Qist Journal of Islamic Economics and Business, 10(2), 160-178. doi: 10.15642/elqist.2020.10.2.160-178

BPS. (2023). Statistik indonesia 2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

BPS. (2023). Statistik kesejahteraan rakyat kabupaten kampar tahun 2022. Kampar: Badan Pusat Statistik.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 21. Bandung: Pustaka Utama.

Hamka, F. (2021). Teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Bina Pustaka.

Hendayana, Y., Aulia, A. A., Irawan, D. F., & Telaumbanua, K. K. (2019). Sistem pemberdayaan masyarakat melalui program digitalisasi umkm desa srimukti. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 133-141. doi: https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1356

Kemenkraf. (2021). Publikasi kementerian ekonomi kreatif. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Malihah, N., & Isla, I. U. (2019). Peran ekonomi kreatif dalam pemberdayaan industri kerajinan bambu siti achiria. Jakarta: Rineka Cipta.

Palinggi, S., Limbongan, E. C. (2020). Pengaruh internet terhadap industri e-commerce dan regulasi perlindungan data pribadi pelanggan di indonesia. Semnas Ristek, 1(1), 225-232.

Pradana, H. A. (2018). Peranan sektor ekonomi kreatif pada pertumbuhan ekonomi dan ketenagakerjaan di kalimantan selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 13(1), 9-17. doi: 10.47441/JKP

Purnomo, R. A. (2016). Kreativitas, inovasi dan penemuan. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rajagukguk, W. (2012). Inovasi, modal manusia dan ekonomi kreatif: determinan kebangkitan ekonomi. (Tesis). Diakses pada situs http://repository.uki.ac.id/529/1/inovasi%2C%20modal%20manusia%2C%20dan%20ekonomi%20kreatif%20mendorong%20pertumbuhan%20ekonomi%20_%20wilson%20Rajagukguk.pdf

Shofa, I., Nugroho, D. (2020). Pertumbuhan dan strategi pengembangan ekonomi kreatif kota malang. In Jurnal Pangripta, 1(1), 1-15. doi: 10.15408/aiq.v10i2.6943

Siregar, N., & Ovilyani, R. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam menggunakan indihome sebagai penyedia jasa internet di kota medan (studi kasus kantor plaza telkom cabang iskandar muda no. 35 medan baru). Jurnal Manajemen Tools, 7(1), 65-76.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Swarjana. (2022). Populasi-sampel: teknik sampling & bias dalam penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.


Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.