KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU

Ananda Famelia Detri, Arif Rahman Hakim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan camat dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Kualitatif. Serta Hasil Penelitian ini adalah Dalam memberikan motivasi disetiap kantor tentu saja harus ada baik itu dari atasan untuk bawahan maupun sebaliknya agar tercipta kerjasama yang baik dan lingkungan pekerjaan yang sehat, sebagai camat juga butuh motivasi dari semua pegawai agar mampu menjalankan tugas dengan baik. Berbicara mengenai pengambilan keputusan camat selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat baik itu bersama sekretaris camat maupun bersama pegawai-pegawai lainnya untuk bertukar pikiran sehingga terjawablah permasalahan tersebut dengan baik. Secara keseluruhan kinerja camat sudah baik namun yang jadi permasalahan ialah semangat kerja para pegawai yang masih kurang karena banyak pegawai yang datang terlambat, sering tidak hadir atau juga lebih mengutamakan urusan pribadi dari pada pekerjaan. Serta Evaluasi yang harus dilakukan camat dalam penyelenggaraan pemerintahan Yang amat sangat dirasakan masyakarat yg harus di evaluasi oleh camat itu sendiri dalam pelayanan di kantor,masyarakat sering di opor"jika ada keperluan di kantor camat,dan kadang pegawai kecamatan juga terkesan lambat dalam melakukan pelayanan,dan jika hari kerjapun staff kecamatan kerap tidak ada,itu yg harus di evaluasi camat terhadap penyelenggaraan pemerintah di kecamatan. Kepada Camat Ujungbatu sebaiknya memotivasi para pegawai dengan mengadakan award untuk karyawan yang rajin datang dan mengerjakan tugas dengan tepat waktu sehingga dengan demikian para pegawai rajin untuk datang kekantor Kepada Camat Ujung Batu hendaknya lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Dapat dilakukan dengan menggadakan bakti sosial atau hal-hal positif lainnya.


Keywords


Kepemimpinan, Camat, Penyelenggaraan Pemerintahan

Full Text:

PDF

References


Blanchard, K. H., & Hersey, P. (2017). Great ideas revisited. Training & Development, 50(1), 42–48.

Crowe, S., Cresswell, K., Robertson, A., Huby, G., Avery, A., & Sheikh, A. (2011). The case study approach. BMC Medical Research Methodology, 11(1), 1–9.

Djaenuri, A. (2015). Kepemimpinan. Etika Dan Kebijakan Pemerintahan.

Ermaya Suradinata, P., & Pemerintah, K. (2017). Gramedia Pustaka. Utama, Jakarta.

Fadillah, S. N., & Setyorini, R. (2021). Analisis implementasi strategi content marketing dalam menciptakan customer engagement di media sosial Instagram Wakaf Daarut Tauhiid Bandung. Menara Ilmu, XV(02), 100–116.

Febrian, R. A., Rahman, K., Yuza, A. F., & Zainal, Z. (2023). Local government innovation model in Pekanbaru City, Indonesia: a study of public service mall. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(2), 302–314.

Harimbawa, G., Sumaryadi, I. N., Djohan, D., & Mulyati, D. (2022). Government Collaboration on Controlling Illegal Mining in West Nusa Tenggara Province. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1).

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. sage.

Iskandar, D. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Ihya Media.

Iskandar, P. (2012). Hukum HAM Internasional: Sebuah Pengantar Kontekstual. Institute for Migrant Rights.

Juanda, J. (2004). Analisis karakteristik usaha warung tegal di kebayoran baru jakarta selatan dan implikasinya terhadap pemberian kredit mikro pada pt bank bni. Institut Pertanian Bogor.

Moleong, L. J. (2016). Metedologi penelitian kualitatif (Vol. 2448). Kakek nenek.

Ndraha, E. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN FINANSAL DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PRODUK E-MONEY (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN).

Nugroho, R. (2020). Public Policy 6-Edisi Revisi. Elex Media Komputindo.

Nurcholis, H. (2005). Teori&Praktik Pmrintahan&Otda (Rev). Grasindo.

Nurcholis, H. (2019). Konsep Dasar Pemerintahan Daerah. Meraja Journal, 2, 101–108.

Pamudji, S. (2016). Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia, penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Rahman, S. (2004). Pembangunan dan Otonomi Daerah, Realisasi Program Gotong Royong. Pancar Suwuh, Jakarta.

Rasyid, M. R. (2017). Makna Pemerintahan: Tinjauan dari segi etika dan kepemimpinan. Mutiara Sumber Widya.

Rivai, V. (2013). Kepemimpinan dan perilaku organisasi.

Sarundajang, S. H. (2017). Pemerintahan Daerah di Berbagai Negara. Jakarta: Sinar Harapan.

Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2), 37–47.

Siagian, S. P. (2019). Kerangka Dasar Ilmu Administrasi.

Sutrisno, E. (2015). MODEL PENDIDIKAN LIFE SKILL DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MUHAMMADIYAH AL-MAA’UUN BALONG PONOROGO. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Syafi’ie, M. (2014). Pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Inklusi, 1(2), 269–308.

Syafiie, I. K. (2013). kepemimpinan pemerintahan Indonesia. Refika Aditama.

Taliziduhu, N. (2013). Kybernology: ilmu pemerintahan baru. Rineka Cipta.

Terry, G. L. (2019). A Study of the Disposition of Government-owned War Plants and Equipment. Graduate School of Arts and Sciences, University of Pennsylvania.

Thoha, M. (2007). Birokrasi pemerintah Indonesia di era reformasi. Kencana.

Warsito, B. (2009). Kapita Selekta Statistika Neural Network.

Wilson, A. M. (2006). Marketing research: an integrated approach 2nd edition. FT Prentice Hall.


Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.