THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON PUBLIC SPEAKING SKILLS OF JOURNALISM STUDENTS

Oktaviani Rizki Handayani, Wahyunengsih Wahyunengsih

Abstract


Pembelajaran dalam jaringan atau daring adalah salah satu bentuk pembelajran yang mau tidak mau harus dilakukan dibanyak negara pada saat pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu salah satunya juga di Indonesia. Adanya pembelajaran daring ini membawa banyak sekali dampak pada berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan. Banyak mahasiswa dan mahasiswi yang merasakan berbagai macam dampak positif dan negatif dalam diri mereka setelah mengikuti pembelajaran daring salah satu dampaknya adalah pada kemampuan public speaking mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala public speaking apa yang paling sering atau paling banyak dirasakan oleh mahasiswa dan juga kendala public speaking apa yang paling jarang dirasakan oleh mahasiswa. Penelitian ini di lakukan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan responden penelitiannya yaitu mahasiswa dan mahasiswi jurusan Jurnalistik semester 2 dari kelas A sampai kelas D. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Hasil penelitian didapatkan bahwa kendala public speaking yang paling sering dirasakan oleh mahasiswa adalah adanya perasaan kurang percaya diri dengan presentase tertinggi ada pada indikator kosa kata dan kendala public speaking yang paling jarang dirasakan oleh mahasiswa adalah adanya pikiran-pikiran negatif ketika sedang public speaking dengan presentase tertinggi ada pada indikator pengucapan.

 

Kata Kunci:  Mahasiswa, pembelajaran daring, public speaking, kemampun komunikasi, kendala public speaking.

 

Abstract

Online learning is a form of learning that inevitably must be done in many countries during the Covid-19 pandemic some time ago, one of which is also in Indonesia. The existence of online learning has many impacts on various fields, one of which is the field of education. Many students feel various kinds of positive and negative impacts on themselves after participating in online learning. One of the impacts is on their public speaking skills. Therefore, this study aims to find out what public speaking obstacles are most often or most felt by students and also what public speaking obstacles are least felt by students. This research was conducted at UIN Syarif Hidayatullah Jakarta with the research respondents, were students and female students majoring in Journalism semester 2 from class A to class D. This research used a qualitative method with a descriptive approach, using a questionnaire as its research instrument. The results showed that the most frequent public speaking obstacle felt by students is the feeling of lack of confidence with the highest percentage in the vocabulary indicator and the least frequent public speaking obstacle felt by students is the presence of negative thoughts when public speaking with the highest percentage on the pronunciation indicator.

Keywords: Students, online learning, public speaking, communication skills, public speaking obstacles.


Keywords


Students, online learning, public speaking, communication skills, public speaking obstacles.

Full Text:

PDF

References


Argaheni, Niken Bayu. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, Volume 8 (2) 2020

Djafar, H., Farhan, M., Khaeirunnisa, M., Padila, N., Basir, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring dan Luring Pada Mahasiswa. Educational Leadership, Volume 2 Nomor 1 Februari – Juli 2022

Fatimah, E. (2006), Psikologi Perkembangan, Bandung: Pustaka Setia

Harapani, Aprilia. (2021). Pengaruh Kuliah Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Piksi Ganesha, Volume 1 Nomor 2, 2021

Illyas, A., Marjohan. (2013). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Konselor Jurnal Profesi Konseling, Volume 2 Nomor 1, 6April 2013

Indraswati, Dyah., Husniati., Ermiana, Ida., Widodo, Arif., Maulida, Mochamad Archi. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, Volume 19 Nomor 1, 2020

Lisanias, Claudia Verra., Loekmono, Lobby J.T., Windrawanto, Y. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah UKSW Salatiga. Jurnal Psikologi Konseling, Volume. 15 No. 2, Desember 2019

Oktavianti, R. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, Volume 2 Nomor 1

Sani, Hasna Nurul., Farida, Euis., Yudha, Eka Sakti. (2021). Deskripsi Perilaku Kecemasan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, Volume 5 Nomor 1, 2021

Suyadi. (2022). Dampak Pembelajaran Daring pada Perkembangan Psikososial Anak Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Issue 4 (2022) Pages 3078-3090

Syarbini, A. (2015). Guru Hebat Indonesia Rahasia Menjadi Guru Hebat dengan Keahlian Public Speaking. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Talulu, Taufik. (2021). Kendala Public Speaking dan Solusi Kecemasan Komunikasi Pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Volume 22 Nomor 02, Desember 2021

Templeton, Melody. (2010). Public Speakings and Presentations Demistified. Mc- Graw-Hill

Wibowo, Ady. (2010). Memperkuat Kepercayaan Diri Anak Melalui Percakapan Referensial. Jurnal Pendidikan Penabur, Volume 15, 2010

Yuliana, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Pandemi Covid-19 di Universitas Abdrachman Saleh Situbondo. Julnal Ika: Ikatan Alumni PGSD UNARS, Volume 8 No. 2 Desember 2020


Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.