
(2) Rinto Rambe

(3) Adinda Pratini Lubis

(4) Saima Sitompul

(5) Hanum Salsabila Nasution

(6) Nilam Sari

(7) Rahmah Yasrah Dalimunthe

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media audio-visual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pondok Pesantren Darul Istiqomah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa. Pada pra-siklus, minat belajar tercatat sebesar 64,28%, yang meningkat menjadi 82,14% pada siklus I, dan mencapai 92,85% pada siklus II. Penggunaan lulur me.ia audio-visual terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik, meningkatkan motivasi, dan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, khususnya materi sholat dhuha. Penelitian ini menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi pendidikan seperti media audio-visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyarankan peningkatan fasilitas pendukung di pondok pesantren untuk optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi. Kata Kunci: Media Audio Visual, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdullah, K., Saputra, H. J., & Listyarini, I. (2021). ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 02 NGAWENSARI KECAMATAN RINGINARUM KABUPATEN KENDAL. Dwijaloka, 2(1).
Adam, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5027
Agustina, L. (2009). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 20 Kecamatan Cibubur Jakarta Timur. Jurnal Formatif, 1(3).
Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., & Sari, N. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria.
Ali Nur Aida, L. ’, Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index
Anam, K. (2019). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP BANI MUQIMAN BANGKALAN. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 2.
Buchori Ibrahim, M., Fifian Permata Sari, Ms., Lalu Puji Indra Kharisma, Ms., Indra Kertati, Mc., Putu Artawan, Ms., Gede Iwan Sudipa, Ms. I., Peran Simanihuruk, Mc., Ir Gusti Rusmayadi, Ms., Mas, Ms., Muhammadiah, ud, Ars Eko Nursanty, Ms., & Enos Lolang, M. (2023). METODE PENELITIAN BERBAGAI BIDANG KEILMUAN (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. www.sonpedia.com
Di, K., & Dupak, S. D. N. (2024). 1 , 2 , 3 1. 09, 199–207.
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424
Limin, S., & Kundiman, R. S. (2023). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik. PSALMOZ, 4(3).
Mashuri, I., Rofiq, A., & Ismawati, M. (2021). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK IBNU SINA GENTENG. International Journal of Educational Resources.
Muammar, & Suhartina. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK. Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/kuriositas
Mubarok, H., Aliansyah, M. U., Maimunah, S., & Hamdiah, D. M. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI PESANTREN AINUL HASAN. Syntax Fusion : Jurnal Nasional Indonesia, 1(7).
Nurluthfiana, F., Umi Masytoh, E., Berliana, S., Jannata Ulya, W., Hariyadi, A., Shokib Rondli, W., Aditia Ismaya, E., & Purbasari, I. (2023). Pentingnya Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa SD Kelas Rendah Di SD Negeri Kunir 1 Dempet Demak. 2.
Rahma Elvira, Roni Rodiyana, D. N. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Di Sdn Dupak 1 Surabaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09.
Rahmani, A., & Afrida, T. (2021). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR IPS. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, v(2).
Rahmani, M., Basuki, S., & Arifin, S. (2022). Media Audio Visual Berkontribusi terhadap Motivasi dan Minat Belajar PENJASKES di Era Pendemi Covid-19. Jurnal Patriot, 1. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.824
Rahmi, L. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1).
Rahmi Nasution, A. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Capcut terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurlaila Rabby Radhiyya Primary Education School. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary
Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Rezki Andhika, M., Neli Wahyuni, C., Teungku Dirundeng Meulaboh, S., Raja, J. S., Gampa, D., & Johan Pahlawan, K. (2020). KREATIVITAS GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MIN 8 ACEH BARAT. Edu Science, 7(1), 2303–2355.
Rizki Muhtar, N., Rahma, A., Trirahayu, R. E., Wahidah, L. N., Ulinnuha, A., & Fatimah, S. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Banjarejo. Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series, 3(7). https://jurnal.uns.ac.id/shes
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878
Rohmah, S., & Syifa, A. (2021). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/issue/archiveVol.04No.02
Shawmi, A. N., Samiha, Y. T., Raihan Alfarizi, M., Liza, T., Sapitri, W., Miliyarta, U., Lauren Liza, L., & Guru, P. (2023). ANALISIS HASIL PENGGUNAAN MEDIA PEMBELELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. In JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research (Vol. 02).
Sri Wulandari, Mannan, A., Romadhoni, A., & Fitriyah, E. (2023a). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i1.7580
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Penerbit Alfabeta.
Wahyuni, T., Widiyatmoko, A., & Akhlis, I. (2015). Unnes Science Education Journal EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN PADA SISWA SMP. Unnes Science Education Journal, 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Refbacks
- There are currently no refbacks.