Indexing metadata

INKLUSIVITAS SEKOLAH MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIBUDAYA DAN KULTURAL (DI SMA BUDI MULIA TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG)


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document INKLUSIVITAS SEKOLAH MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIBUDAYA DAN KULTURAL (DI SMA BUDI MULIA TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG)
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Sidik Maulana Bahtiar; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Acep Nurlaeli; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Abdul Kosim; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Inklusivitas sekolah, manajemen pendidikan islam, multibudaya
 
4. Description Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah rasa kekhawatiran kepada setiap peserta didik yang berasal dari latar belakang yang berbeda bahkan peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus sering kali harus menghadapi kesusahan dalam memperoleh pendidikan yang setara dan inklusif, bukan hanya itu karena adanya ketidak pahaman dan kurangnya toleransi akan perbedaan budaya pun membuat kekhawatiran tersendiri bagi siswa, dan orang tua. Menyadari akan pentinya pendidikan inklusif sebagai pondasi karakter yang toleran akan perbedaan maka penerapan Manajemen Pendidikan Islam berbasis multibudaya dan kultural sangat dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan dikarenakan hal tersebut merupakan pondasi yang kokoh dalam membangun lingkungan pembelajaran yang inklusif dan dapat menghormati serta menghargai keberagaman yang berguna untuk sekarang dan masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara triangulasi dimana peneliti melakukan observasi turun kelapangan, lalu melakukan wawancara dengan beberapa narasumber sebagai validasi terkait fakta yang ada dan dokumentasi sebagai bukti penunjang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Inklusivitas Sekolah melalui penerapan Manajemen Pendidikan islam berbasis Multibudaya dan kultural di SMA Budi Mulia Telukjambe Karawang melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pengimplementasian dan pengkontrolan secara garis besar semuanya sudah cukup baik meskipun masih ditemukan sikap kurang toleransi kepada sesama teman yang berasal dari budaya yang berbeda, oleh karena itu pentinngya penerapan pendidikan islam yang inklusif pada setiap sekolah agar dapat melahirkan generasi yang memiliki karakter inklusif, toleran dan dapat menghargai segala perbedaan serta siap menghadapi tantangan zaman.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
 
6. Contributor Sponsor(s) sidik maulana bahtiar, universitas singaperbangsa karawang
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2023-11-02
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/12371
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.628-646
 
11. Source Title; vol., no. (year) PeTeKa; Vol 6, No 4 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files INKLUSIVITAS SEKOLAH MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIBUDAYA DAN KULTURAL (Di SMA Budi Mulia TelukJambe Timur Karawang) (230KB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2023 PeTeKa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.