*corresponding author
AbstractAdapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh model pembelajaran inovatif berbasis deep dialogue thinking terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Tahun Pelajara 2021-2022� Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inovatif berbasis deep dialogue thinking terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Berdasarkan hasil perhitungan perhitungan menggunakan rumus produk moment maka kolerasi koefisiennya adalah 0,992 dengan melihat daftar tabel yang jumlah sampel N = 30 dari taraf interval kepercayaan 5% adalah 0,361 sesuai dengan ketentuan, jika rhitung > rtabel, maka Ha diterima kebenarannya, sebaliknya jika thitung > ttabel maka Ha ditolak kebenarannya. Dari ketentuan itu diperoleh 0,992 > 0,361 maka dikatakan bahwa Ha diterima kebenarannya. Hal ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh model pembelajaraninovatif berbasis deep dialogue thinking terhadap prestasi belajar peserta didik. KeywordsInovatif, Berbasis deep dialogue thinking
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.3166-3177 |
Article metrics10.31604/jips.v9i8.2022.3166-3177 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Amri, Amir. 2007. Perekonomian Indonesia (Dalam Perspektif Makro). Bogor: Biografika
Arikunto, Suharsimi. 2009. MetodologiPenelitian. Jakatra: RinekaCipta
Achmad, Mahmud. 2008. Teknik Simulasi Dan Permodelan. Yogyakarta: PustakaPelajar
Arifin, Zaenal. 2012. PenelitianPendidikan – Metode Dan Paradigma Baru Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Azwar, Syaifuddin. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar
Djamarah, SyaifulBahri. 2005. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: RinekaCipta
Darmadi. 2017. Pengembangan Metode Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Depublish
Hamdani. 2006. PsikologiPendidikan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada
Hamalik, Oemar. 2006. Teknologi Dalam Pendidikan. Bandung: Yayasan Partisipasi Pembangunan Indonesia
Istarani, dkk. 2011. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada Jacobsen. 2009. Metode-Metode Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Muktar. 2008. Metedologi Penelitian. Jakarta: Grasindo Persada
Muhibbin Syah, dkk. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Bandung: Bahan Pelatihan
Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Murti Sumarni, dkk. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Alfabeta
Negoro, Djojo. 2013. Strategi Pengorganisasian Pembelajaran. Jakarta: Pranda Media
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download