PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022

(1) * Ahmad Husein Nst Mail (Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh model pembelajaran inovatif berbasis deep dialogue thinking terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panyabungan Utara Tahun Pelajara 2021-2022� Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inovatif berbasis deep dialogue thinking terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Berdasarkan hasil perhitungan perhitungan menggunakan rumus produk moment maka kolerasi koefisiennya adalah 0,992 dengan melihat daftar tabel yang jumlah sampel N = 30 dari taraf interval kepercayaan 5% adalah 0,361 sesuai dengan ketentuan, jika rhitung > rtabel, maka Ha diterima kebenarannya, sebaliknya jika thitung > ttabel maka Ha ditolak kebenarannya. Dari ketentuan itu diperoleh 0,992 > 0,361 maka dikatakan bahwa Ha diterima kebenarannya. Hal ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh model pembelajaraninovatif berbasis deep dialogue thinking terhadap prestasi belajar peserta didik.


Keywords


Inovatif, Berbasis deep dialogue thinking

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.3166-3177
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i8.2022.3166-3177 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amri, Amir. 2007. Perekonomian Indonesia (Dalam Perspektif Makro). Bogor: Biografika

Arikunto, Suharsimi. 2009. MetodologiPenelitian. Jakatra: RinekaCipta

Achmad, Mahmud. 2008. Teknik Simulasi Dan Permodelan. Yogyakarta: PustakaPelajar

Arifin, Zaenal. 2012. PenelitianPendidikan – Metode Dan Paradigma Baru Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Azwar, Syaifuddin. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar

Djamarah, SyaifulBahri. 2005. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: RinekaCipta

Darmadi. 2017. Pengembangan Metode Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Depublish

Hamdani. 2006. PsikologiPendidikan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

Hamalik, Oemar. 2006. Teknologi Dalam Pendidikan. Bandung: Yayasan Partisipasi Pembangunan Indonesia

Istarani, dkk. 2011. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada Jacobsen. 2009. Metode-Metode Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Muktar. 2008. Metedologi Penelitian. Jakarta: Grasindo Persada

Muhibbin Syah, dkk. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Bandung: Bahan Pelatihan

Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Murti Sumarni, dkk. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Alfabeta

Negoro, Djojo. 2013. Strategi Pengorganisasian Pembelajaran. Jakarta: Pranda Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.