PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA

(1) * Yusmiati Yusmiati Mail (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Rismala Dewi Mail (FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Perumusan masalah pada tulisan ini merupakan pengaruh dengan menggunakan media gambar terhadap prestasi belajar PPKI pada penggunaan materi dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia yang dilakukan pda kelas XI SMK Negeri 1 Sibolga. Jumlah siswa yang ditentukan pada tulisan ini berkisar 25 peserta yang digunakan sebagai sampel pelitian. Pengumpulan data yang digunakan berupaka angket dan tes, diperoleh rhitung lebih besar dibandingkan rtabel berkisar 0,99 > 0,32.


Keywords


Penggunaan Media Gambar, Prestasi Belajar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.3155-3159
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i8.2022.3155-3159 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


ArikuntoSuharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: RinekaCipta.

DadangSupardan, dkk. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas.Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). 2002. Jakarta: Balai Pustaka.

DjamarahSyaiful Bahri, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Gay dan Yosep. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni.2012.Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Husnan, Suad. (2000). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

IrhamFahmi&Yovi L Hadi.(2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.

Ismail.2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem.Semarang: Rasail Media Group.

Jogiyanto, 2010.Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta.

Kartono. 2005. Bimbingan Belajar di Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Margono. 2009. Metedologi penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad. 2008.Metode Penelitian,Yogyakarta,Aneka Offset.

Narbuko,Choliddan H. Abu Achmad. 2009. Metode Penelitian, Yogyakarta: Ganeca.

Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

, 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Silberman, Mel. 2011. Active Learning “101 Cara Belajar Aktifâ€. Penerjemah: MuttaqienRaisul. Bandung: Nusamedia.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2011.Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi.2005, Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Bandung : Usaha Nasional.

Surakhmand, Winarno. 2008. Pengantar Interaksi Belajar, Dasar dan Teknik Metodologi Penelitian, Bandung: Tarsito.

Suranto. 2009. Metode Penelitian Dalam Pendidikan Dengan Program SPSS, Semarang: Ghyyas Putra.

Surya, Mohamad. 2008. Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suryabrata,Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah,Muhibbin. 2010. Psikologi belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tarigan. 2004. Pengantar ilmu ekonomi, Jakarta: PT. Ganeca.

Trianto, Agus. 2010.Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1.

Wirartha, I Made 2005.Metode Penelitian Kuantitatif,Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : PustakaInsan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.