*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Consumer Relation Kebun Raya Purwodadi melalui media sosial Instagram mereka. Hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19 mengharuskan Kebun Raya tersebut tutup dan dibuka kembali pada 27 Juni 2020 yang bersamaan dengan munculnya postingan pertama di akun Instagram milik Kebun Raya Purwodadi @wisatakebunrayapurwodadi. Menggunakan metode studi literatur dan konsep pemasaran media sosial serta konsep Consumer Relation, penelitian ini menghasilkan informasi bahwa postingan yang mengandung unsur promosi sebanyak 30 konten, unsur edukasi tumbuhan dan fasilitas Kebun Raya sebanyak 59, dan konten repost pengunjung sebanyak 42 konten. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh Kebun Raya Purwodadi berusaha untuk menarik minat calon pengunjung melalui pemberian promo dan ulasan dari masyarakat yang telah mengunjungi dan memvisualisasikan kunjungan tersebut dengan membuat konten baik foto maupun video. Pihak Kebun Raya Purwodadi pun menjalin relasi dengan konsumen dengan memberikan apresiasi berupa repost maupun like pada konten-konten yang telah diposting oleh pengunjung dan menandai instagram @wisatakebunrayapurwodadi. KeywordsConsumer Relation, Social Media Marketing, Kebun Raya Purwodadi.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.3072-3078 |
Article metrics10.31604/jips.v9i8.2022.3072-3078 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
As'Ad, H.A.R., & Alhadid, A.Y. (2014). The impact of social media marketing on brand equity: an empirical study on mobile service providers in Jordan. Review of Integrative Business and Economics Research, 3(1), 315.
Chen, C.F., & Xie, J. (2008). Online consumer review: word-of-mouth as a new element of the marketing communication mix. Management Science, 54(3), 477-491.
Fischer, E., & Reuber, A.R. (2011). Social interaction via new social media:(how) can interactions on twitter affect effectual thinking and behavior? Journal of Business Venturing, 26(1), 1-18.
Gaffar, V., Tjahjono, B., Abdullah, T., & Sukmayadi, V. (2022). Like, tag and share: bolstering social media marketing to improve intention to visit a nature-based tourism destination. 77(2), 451-470.
Gamboa, A.M., & Goncalves, H.M. (2014). Customer loyalty through social networks: lessons from Zara on Facebook. Business Horizons, 57(6), 709-717.
Halvorson, K., & Rach, M. (2012). Content Strategy for the Web (2nd ed.). New Riders.
Hays, S., & Buhalis, D. (2013). Social media as a destination marketing tool: its use by national tourism organisations. Current Issues in Tourism, 16(3), 211-239.
Herlinawati, M. (2020, July 27). Kebun Raya Purwodadi dibuka kembali dengan protokol kesehatan COVID-19. ANTARA News. https://www.antaranews.com/berita/1634998/kebun-raya-purwodadi-dibuka-kembali-dengan-protokol-kesehatan-covid-19
Khan, M.F., & Jan, A. (2015). Social Media and Social Media Marketing: A Literature Review. IOSR Journal of Business and Management, 17(11), 12-15.
Kotler, P., & Keller, L.K. (2016). Marketing Management (15 Global ed.). Pearson Education.
Kucukusta, D., Perelygina, M., & Lam, W. S. (2019). CSR communication strategies and stakeholder engagement of upscale hotels in social media. International Journal of Contemporary Hospitality, 31(5), 2129-2148.
N.N. (n.d.). Kebun Raya Purwodadi. Retrieved Juli 12, 2022, from https://instagram.com/wisatakebunrayapurwodadi?igshid=YmMyMTA2M2Y=
Rowley, J. (1998). Promotion and marketing communications in the information marketplace. Library Review, 47(8), 179-190.
Ruslan, R. (2014). Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi (Konsep dan Aplikasi). PT. Raja Grafindo.
Tarmedi, E., Sulastri Sumiyati, S., & Dirgantari, P.D. (2018). Factors affecting customer trust and their impact on customer behavioural intention: a study of social commerce in Indonesia. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 26, 63-73.
Tuten, T.L., & Solomon, M.R. (2018). Social Media Marketing (3rd ed.). SAGE.
Wagner, E.D. (1994). In support of a functional definition of interaction. American Journal of Distance Education, 8(2), 6-29.
Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362-369.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download