PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY S SERIES

(1) * Kevin Refauzi Mail (urusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Salim Siregar Mail (urusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini didasari pada perkembangan teknologi yang semakin maju, terutama dalam industri smartphone. Berkembangnya teknologi yang menyebabkan terjadinya persaingan antara produsen smartphone di seluruh dunia. Penelitian ini juga membahas bagaimana perusahaan Samsung berusaha untuk mempertahankan dan menarik kembali minat konsumen agar menggunakan smartphone Samsung. Persaingan antara produsen smartphone membuat perusahaan smartphone Samsung mengalami penjualan yang naik dan turun secara tidak stabil. Harga yang masih dianggap terlalu tinggi dengan kualitas produk yang belum maksimal disinyalir sebagai salah satu penyebab penurunan penjualan yang terjadi. Untuk itu Samsung menggunakan brand ambassador BTS dalam upaya meningkatkan kembali angka penjualan smartphone Samsung Galaxy S Series. Dalam penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana pengaruh harga, kualitas produk, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy S Series di Erafone Megastore ITC Roxy Mas Jakarta. Pada penelitian ini akan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi serta yang akan menjadi subjek penelitian adalah konsumen pengguna smartphone Samsung Galaxy S Series yang pernah melakukan pembelian smartphone Samsung Galaxy S Series di Erafone Megastore ITC Roxy Mas Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, analisis verifikatif, analisis korelasi, analisis jalur, uji parsial (T), uji simultan (F), analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan brand ambassador berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Harga, Kualitas Produk, Brand Ambassador.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.3010-3022
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i8.2022.3010-3022 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Andhini, N. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Riotic Store. Journal Ekonomi, 53(9), 1689–1699.

Azmansyah, N., & Aditya Wardhana. (2019). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA N-MAX (Studi pada Pengguna Yamaha N-Max di Yamaha Flagship Shop Bandung) The Effect of Product Attributes on Purchase Decisions on Motorcycle Yamaha N-Max (Study on Yamaha N-Max User. E-Proceeding of Management, 6(2), 3985–3991.

Batu, R. L., Suryani, N. I., Septia, N., & Sekaryahya, P. F. (2020). Pengaruh Harga dan Inovasi Layanan Aplikasi terhadap Keputusan Penggunaan Ja sa Taksi Express: Survei pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(5B), 584–590.

Defri, M. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DISTRO VEARST JEANS BANDUNG (Survey pada pengunjung Distro Vearst Jeans Bandung). 57–77.

Diniya, I. C., Hidayat, Z., & Robustin, T. P. (2019). Effect Of Price and Quality Products on The Decision To Purchase Products In Paris Sophie Lumajang (Case Study On The Students STIE Widya Lumajang Gama). 2(2), 211–212.

Erwin, S. (2020). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SYRUP MONIN PADA PT. KHARISMA SUKSES GEMILANG. Manajemen, 1, 178.

Fahri Nur Taufik Ash-shiddieq. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Valentino Rossi Terhadap Brand Image Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom). Jurnal Universitas Telkom, 1(3).

Fauziah Deilia. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO (Studi pada pengguna smartphone Vivo di Kota Bekasi). 148, 148–162.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2016). Pengantar Manajemen (Issue July).

Gilang, D. B. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN LEMONILO DI YOGYAKARTA.

Hadi, I. (2019). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN.

Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).

Insan, C. K. putri dan trisna. (2017). Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kapasitas Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi BPKAD Pemerintah Kota Bandung). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.

Karlina, B. (2015). PENGARUH MANAJEMEN FASILITAS TERHADAP MUTU LAYANAN DIKLAT DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG MESIN DAN TEKNIK INDUSTRI (PPPPTK BMTI) BANDUNG. 43–73.

Laelasari, S. (2018). ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA

KECIL SARI HARUM DI KABUPATEN BANDUNG. Journal of Chemical Information and Modeling.

Liya, I., Budiono, H., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Pada. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11–26.

Mapaung, F. K., S, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 49–64.

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359

Nisa, N. B. (2019). Hubungan Terpaan Iklan dan Kredibilitas Brand Ambassador Dengan Minat Beli Produk Vivo Smartphone. 12.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870

Perwitasari, Z., & DS, A. H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Konsumen Teh Botol Sosro yang Melakukan Pembelian Di Indomaret Kelurahan Tembalang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 11.

Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 105–112.

Putriani, K. L. (2018). Pengaruh Return On Investment, Earning Per Share, dan Financlal Leverage Terhadap Barga Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsurnsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016. Sugiyono. (2015), Metode Penelitian, 53(9), 1689–1699.

Rahmatullah, F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Spacy pada PD. Mawar Putra Motor Sumedang. 14–51.

Ramadhani, M. P. (2021). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus warga Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember). 16(22), 119–128.

Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 210–223. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2026

Respatiningtias, D. S. (2019). Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENDANAAN NASABAH. 06(02), 95–105.

Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. RADITA AUTOPRIMA). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 92– 102.

Sudarsono, A., Nelsi, M., & Hasanudin. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kewpie Salad Dressing Pada Pt. Kewpie Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.32493/jee.v3i1.7323

Supu, L. P., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). PENGARUH HARGA PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG DI MANADO. 9(3), 919–928.

Suryani. (2021). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian samsung (studi kasus pada pt maju telekomunikasi batam).

Susanti, I. N. F. (2017). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGANTRU. 85–108.

Susilo, C. H. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOASTCREAM DIPATIUKUR BANDUNG.

Wibisono, E. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN UD. RIZKY BAROKAH

Willy, M., & Hadiono, A. (2020). PENGARUH PEMASARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PENJUALAN PRODUK PT. ORLIN INDONESIA

Wowor, V. R. (2013). Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1229–1239.

Zulkarnain. (2018). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN TAGLINE TERHADAP CITRA MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO DI BANDAR LAMPUNG.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.