AKTIVITAS KOMUNIKASI GURU KEPADA SISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

(1) * Niken Putri Sekarini Mail (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Yanti Tayo Mail (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Nurkinan Nurkinan Mail (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi guru kepada siswa selama PJJ di BBC-ETS Karawang. Untuk menjawab masalah diatas, maka peneliti mengangkat 3 rumusan masalah mikro yaitu, situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindakan komunikatif, menggunakan penjelasan dari Dell Hymes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif etnografi komunikasi . Dengan menggunakkan teknik pengumpulan informan purposive sampling, peneliti mendapatkan informasi dari 1 (satu) informan kunci serta 2 (dua) informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti, bahwa pada situasi komunikatif terjadi dalam konteks belajar mengajar terjadwal secara daring melalui Google Meet sebagai media utama pengganti ruang kelas dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan, akrab, dinamis dan tetap kondusif. Pada peristiwa komunikatif terdapat seluruh komponen komunikasi yang dilakukan oleh guru dan siswa, sehingga dapat dikatakan komunikasi yang terjadi yaitu dengan komunikasi kelompok. Pada tindakan komunikatif guru kepada siswa selama PJJ di BBC-ETS Karawang yaitu berkomunikasi menggunakan komunikasi verbal dan gerakan secara non verbal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Aktivitas Komunikasi Guru Kepada Siswa Selama PJJ Di BBC-ETS Karawang merupakan proses komunikasi guru kepada para siswa yang khas dan sudah menjadi sebuah kebiasaan sejak PJJ dilaksanakan pertama kali di BBC-ETS Karawang.


Keywords


Aktivitas Komunikasi; Etnografi Komunikasi; PJJ; Guru

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2980-2995
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i8.2022.2980-2995 Abstract views : 554 | PDF views : 311

   

Cite

   

Full Text

Download

References


BBC-ETS. (2020). Tentang BBC-ETS. https://bbc-ets.com/tentang-bbc/

Inah, E. N. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease(Covid-19). Surat Edaran Dari Kemetrian RI, 1–3.

Kuswarno, E. (2008). Etnografi Komunikasi: Pengantar dan Contoh Penelitiannya (Edisi 1). Widya Padjadjaran.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Alfabetha.

Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.

Sovia, S. (2020). Membangun Budaya Belajar Virtual. Media Indonesia. https://m.mediaindonesia.com/opini/323947/membangun-budaya-belajar-virtual.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Widiasri, D. A. (2021). ETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA. Pedalitra I, 104–112.

Yudhistira, S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh : Kendala. November.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.