REPRESENTASI TOLERANSI DALAM IKLAN PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA VERSI DILAN 1990

(1) * Reo Reffi Alfarel Nasution Mail (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Zainal Abidin Mail (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Mayasari Mayasari Mail (Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Partai Solidaritas Indonesia lahir pada tahun 2014 mengusung banyak kandidat muda dengan harapan, ide, gagasan, cara, orang dan mesin baru. Sesuai dengan slogannya, yaitu hasil yang baru tidak mungkin menggunakan cara lama. Seiring berjalannya waktu, pada saat pemilu tahun 2019, partai ini gencar melakukan iklan terutama pada media massa, salah satunya yaitu iklan di media elektronik Versi Dilan 1990 yang membahas tentang toleransi. Popularitas Dilan dikalangan anak muda dimanfaatkan untuk mencapai target pasar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dari pesan mengenai toleransi yang terdapat dalam iklan Partai Solidaritas Indonesia versi Dilan 1990. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan makna denotasinya yaitu banyaknya isu terkait toleransi beragama di Indonesia, makna konotasinya ialah meningkatkan toleransi agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara, makna mitosnya ialah Islam menjadi agama mayoritas yang toleran serta tidak akan mengusik agama-agama lain selama tidak pernah diusik prinsip keislamannya.


Keywords


Partai Solidaritas Indonesia, Analisis Semiotika, Media Elektronik

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2880-2884
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i8.2022.2880-2884 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Kriyantono. R. (2010) Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Mardiana. F., Mayasari & Nurkinan. (2022). “ Representasi Kapten Jang Sebagai Perempuan Maskulin Dalam Film Space Sweepersâ€. Vol:9, No.1. Diakses tanggal 10 Juni 2022

Mayasari & Yuyun Y., (2016). “Implikatur Percakapan dan Konvensional dalam Iklan Kartu Perdana di Televisiâ€. Vol:1 No. 1. 9 Juni 2022

Sobur. A. (2003) . Semiotika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Suprayogo, Imam & Tobroni. (2001). Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.