KONSTRUKSI IDENTITAS PENGGUNA MEDIA SOSIAL LINKEDIN

(1) * Nur Intan Andina Mail (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Singaperbanga Karawang, Indonesia)
(2) Ana Fitriana Poerana Mail (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Singaperbanga Karawang, Indonesia)
(3) Rastri Kusumaningrum Mail (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Singaperbanga Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Media sosial adalah salah satu bentuk dari adanya revolusi media yang disebut media baru. Media sosial memiliki banyak sekali jenis sehingga memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi, berinteraksi atau sekedar mencari hiburan. Diantaranya adalah adalah Instagram, Twitter, Facebook, dan LinkedIn. LinkedIn adalah merupakan salah satu media sosial berbasis internet yang berorientasi bisnis dan digunakan terutama untuk jejaring sosial profesional. Tidak sedikit penggunanya menggunakan LinkedIn sebagai wadah konstruksi identitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa makna serta motif subjek penelitian yaitu Alumni Mahasiswa Universitas Singaperbangsa dalam mengkonstruksikan identitasnya pada media sosial LinkedIn. Penelitian ini menggunakan teori Fenomenologi Alfred Schutz untuk mencari tahu apa makna serta motif dalam konstruksi identitas pada media sosial LinkedIn. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualittaif dengan jenis pendekatan studi fenomenologi untuk mengetahui apa makna serta apa motif dari konstruksi identitas pengguna media sosial LinkedIn. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa makna konstruksi identitas pengguna media sosial LinkedIn adalah sebagai sarana membangun kepercayaan diri dan sebagai eksistensi kemampuan diri. Kemudian motif dari konstruksi identitas pengguna media sosial LinkedIn yaitu untuk personal branding, mencari pekerjaan, tools pekerjaan dan portofolio online.


Keywords


Fenomena, Konstruksi Identitas, LinkedIn.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2775-2787
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i8.2022.2775-2787 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Akhidatussolihah, J., Poerana, A. F., & Lubis, F. O. (2021). Dramaturgi Media Sosial: Fenomena Penggunaan Fake Account Instagram Pada Penggemar K-POP Perempuan di Karawang. PROMEDIA (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI), 7(1), 108–136.

Allfriandi. (2017). Konstruksi Identitas Budaya dalam Diri Anak Keturunan Minangkabau di Tanah Jawa (Studi Deskriptif Kualitatif Konstruksi Identitas Budaya dalam Diri Anak Keturunan Minangkabau di Purwodadi).

Astiti, P., Ratna Suminar, J., & Rahmat, A. (2018). Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol.6.

Databoks. (2021). 58,3% Pengguna LinkedIn di Indonesia Berumur 25-34 Tahun. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/20/583-pengguna-linkedin-di-indonesia-berumur-25-34-tahun.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. In Sumatera Utara. Wal ashri Publishing.

Kuswarno, E. (2009). Metodologi penelitian komunikasi fenomenologi : Konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya / Engkus Kuswarno. Widya Padjajaran.

Luthfi, M. (2017). Motif Tindakan Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor: Studi Terhadap Warga Bonaan Lembaga Permasyrakatan Kelas I Cipinang. (Perspektif Teori Fenomenologi Alfred Schutz).

Saliem, N. M. (2017). Personal Branding dan Media Sosial LinkedIn (Studi Kualitatif Mengenai Personal Branding Para Pengguna Media Sosial Linkedin di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret). Https://Digilib.Uns.Ac.Id/, 210093. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/74472/Personal-branding-dan-media-sosial-linkedin-Studi-kualitatif-mengenai-personal-branding-para-pengguna-media-sosial-linkedin-di-kalangan-mahasiswa-Universitas-Sebelas-Maret

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. PT Fajar Interpratama Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.