PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN IKLAN FACEBOOK TERHADAP PENINGKATAN OMSET PENJUALAN SHAFSTORESMD

(1) * Siti Huwaida Aulia Mail (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penjualan dalam jaringan merupakan jenis penjualan yang sekarang hampir semua penjual lakukan terutama pada era distrupsi 4.0 saat ini. Penggunaan iklan online seperti Endorse dan Facebook ads sangat populer dikalangan penjual toko daring. Pada penelitian ini membahas pengaruh Celebrity Endorsement dan Iklan Facebook terhadap peningkatan Omset Penjualan pada toko daring Shafstoresmd. Toko daring ini berlokasi di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang iklan daring dengan menggunakan Grand Theory Pemasaran yang dilaksanakan kurang lebih 4 bulan.

Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menyebarkan angket penelitian kepada pelanggan Shafstoresmd dengan kriteria tertentu dan kemudian hasil penelitian diolah dengan menggunakan SPSS ver 26. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa iklan Celebrity Endorsement dan Iklan Facebook mempengaruhi dalam peningkatan omset penjualan sebesar 30% dengan nilai R square 0,301. Pada uji F dihasilkan nilai dengan F-hitung 12,277 > 3,16, kemudian pada uji t variabel Celebrity Endorsement dan Iklan Facebook masing-masing memiliki nilai t-hitung 3,504 > 1,670 dan 4,509 > 1,670.

 

 


Keywords


Endorsement, Facebook, Instagram, iklan online, iklan daring, iklan Facebook.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i8.2021.2652-2663
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i8.2021.2652-2663 Abstract views : 1033 | PDF views : 746

   

Cite

   

Full Text

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.