ANALISIS PEDAGOGIC ACTIVITIES DALAM KELAS DARING BAHASA MANDARIN

(1) * Melysa Martha Auliasari Mail (Ilmu Linguistik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pada masa pandemi, kegiatan sekolah dilakukan secara daring. Penerapan sistem pembelajaran daring sejalan dengan konsep emergency remote teaching yang diartikan sebagai relokasi pembelajaran tatap muka di sekolah ke sistem pembelajaran daring. Meskipun memungkinkan fleksibilitas dalam pengajaran, pengajaran daring dianggap tidak efektif dan rentan terhadap kegagalan. Makalah ini akan menjelaskan kegiatan kelas daring bahasa Mandarin yang efektif untuk siswa sekolah dasar. Aktivitas kelas ini dianalisis dengan teori register pedagogic khususnya pada bagian pedagogic aactivities. Pedagogic aactivities bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran dalam kelas dilaksanakan sehingga dapat melihat apakah pembelajaran yang diterapkan sudah sistematis. Terdapat dua pertanyaan penelitian yaitu bagaimana guru membangun interaksi dengan siswa dalam kelas dan bagaimana pembelajaran kosa kata bahasa Mandarin yang diterapkan guru dalam kelas.. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran disusun secara sistematis yang dimulai dengan sesi pembuka, isi dan penutup. Move yang banyak muncul menunjukkan interaksi antara guru dan siswa berjalan dengan baik. Pembelajaran kosa kata yang diterapkan adalah membaca daftar kosa kata dengan diselingi penjelasan dari guru, kemudian membaca dan mengartikan dialog. Guru bertindak sebagai fasilitator yang hanya membantu siswa ketika kesulitan. Hal seperti ini dapat melatih kemandirian dan membuat siswa lebih fokus dalam mengingat kosa kata karena mereka tidak pasif melainkan turut berperan aktif ketika pembelajaran berlangsung.

 


Keywords


Pembelajaran daring, Pedagogic activities, Bahasa Mandarin.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i6.2022.2111-2119
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i6.2022.2111-2119 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amin dan Sundari. 2020. Studies in English Language and Education. Vol 7, No 2. EFL students’ preferences on digital platforms during emergency remote teaching: Video Conference, LMS, or Messenger Application? .

Dewi, et. al. 2009. English Teachers’ Conceptual Knowledge And Pedagogical Practices On Student-Centered Learning In Primary School In Denpasar Municipality.

Handoko dan Angela. 2019. Journal of Chinese Language, Literature and Culture. Vol 7, Strategi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Mandarin Pada Aplikasi Pembelajaran Chineseskill (2019).

Harnani, Sri. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.

Hodges et.al. 2020. The Difference Between Emergency Remote Teaching and Online Learning .

Masrinawatie. 2013. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Melaksanakan Pembelajaran.

Mulyatiningsih. 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem).

Nugraha, Dwi. 2020. Pelatihan Jarak Jauh Saat Covid-19 : eLearning atau Emergency Remote Teaching ?.

Nugroho, Arif et.al. 2021. VELES Voices of English Language Education Society. Vol 5, No 1 . Emergency Remote Teaching amidst Global Pandemic: Voices of Indonesian EFL Teachers .

Rose, David. 2018. Pedagogic Register Analysis: Mapping Choices in Teaching and Learning .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.