(1) * Hotma Saritua Tarihoran Mail (Guru SMA Negeri 1 Pinang Sori Kabupaten Tapanuli Tengah, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas dalam upaya meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah yang dilakukan dengan menggunakan pembelajaran metode pemecahan masalah ( Problem Solving ). Kegiatan penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pinangsori dan Memilih kelas XII IPA 1 dengan jumlah 38 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah terdapat peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Nilai rata-rata siswa sebelum dilaksanakannya tindakan adalah 52,37 (berada pada kategori rendah) dan hasil dibawah nilai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 68,70 (masih pada kategori rendah). Kemudian pada siklus II yaitu setelah dilaksanakannya tindakan sebagai refleksi dari siklus I nilai rata-rata siswa naik menjadi 78,00 mendekati kategori sedang, tingkat ketuntasan siswa pun meningkat dari 55,26 % menjadi 68,42 % pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94,74 %. Demikian pula perubahan aktivitas siswa, telah meningkat minat dan kemauan siswa belajar fisika. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Problem Solving, XII IPA-1

          

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ahmadi, 2002, Transformasi Pendidikan Memasuki Millennium III, Kanisius, Yogyakarta.

Arikunto, 2002, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bina Aksara, Jakarta.

Carpenter, T.P., 1989, Teaching and Problem Solving, The Teaching and Assessing of Mathematical Problem Solving, USA, NCTM.

Daryanto, 2001, Evaluasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Ibrahim, R & Syaodidih, S, 2003, Perencanaan Pengajaran, Depdiknas & Rineka Cipta, Jakarta.

Lester, 1994 dalam Bjuland, Reymond, 2007, Adult Student Reasoning in Geometry, Teaching Mathematic Trought Collaborative Problem Solving in Teacher, Education, Adger University College Kristiansand, Norway.

Moulu, George, J, 1973, Psychology for Effective Teaching, New York Holt Rineehalt and Winston.

Purwanto, N, 1990, Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.