(2) Ahmad Fadlan
*corresponding author
Abstractpenerapan kreativitas belajar ekonomi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran indeks card math (mencari pasangan kartu) untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik pada mata Pelajaran Ekonomi pada Materi Pokok Konsumsi, Tabungan dan Investasi di Kelas X MAN Siabu Tahun Pelajaran 2015-2016? Sedangkan tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar ekonomi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran indeks card math (mencari pasangan kartu) dengan metode ceramah dikelas X MAN Siabu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara eksperimen. penelitian eksperimen yang dimaksud adalah mengadakan perlakuan terhadap sampel objek penelitian. Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan angket. Kemudian untuk melihat gambaran penerapan penggunaan model pembelajaran indeks card math(mencari pasangan kartu) dalam pembelajaran terhadap kreativitas belajar peserta didik dalam memahami materi pelajaran ekonomi di kelas X MAN Siabu Tahun Pelajaran 2015-2016. diperoleh harga r xyhitung = 0,493. Jika angka indeks korelasi tersebut dikorelasikan dengan tabel “r†tabel Product Moment maka di dapat bahwa taraf signifikan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan n=64 diperoleh 0,254. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai r xy hitung lebih besar daripada r tabel yakni: 0,493 > 0,254. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Product Moment , MAN Siabu
|
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Febriyanto, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Innovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Hasdan, 2005, Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Surabaya: Al Ikhlas.
Istarani, 2014, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan : Media Persada
Mardiyatmo, 2010 . Ekonomi, Bandung : Yudistira
Millas, 2008, Metode Pembelajaran. Bandung: Kencana
Munandar, 2008, Kreativitas Belajar.Jakarta: Rineka Cipta
Nyoman Dantes, 2012, Metode Penelitian, Yogyakarta: C.V
Andi Offest.
Oemar Hamalik ,W. Guno, 2010, Strategi Belajar Mengjar. Jakarta: PT. Bumi aksara.
Rusman, 2010, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Riduwan, 2013, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta.
Riyanto, 2008, Paradigma Batu Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Rusman, 2010, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, 2012, Administrasi pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Syaifuddin Azwar. 2010, Model Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Sugiono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Soedirman, 2005, Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto , 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif, Jakarta : Kencana.
Sudjana, 2011, Metode Statistika, Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta.
Trianto , 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif, Jakarta : Kencana.
Wina sanjaya, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Kencana.
W. Gulo, Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Download