*corresponding author
AbstractPembelajaran berbasis masalah ( problem based learning ) dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah ham pada mata pelajaran pkn kelas x iis 3 semester ganjil sma negeri 1 pinangsori tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas X IIS 3 materi Pokok HAM sebelum digunakan metode Problem Based Learning. Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas X IIS 3 tentang materi HAM sesudah menggunakan metode Problem Based Learning .Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa Kelas X IIS 3 tentang materi HAM sesudah menggunakan metode Problem Based Learning. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya peningkatan hasil belajar materi HAM melalui pengajaran metode Problem Based Learning. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Pinangsori sebanyak 37 orang. Kata Kunci: Kemampuan Memecahkan Masalah, PKn, Problem Based Learning
|
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Abdullah, H. Rozali, dan Syamsir, 2002, Perkembangan Hak Asasi Manusia dan Keberadaan Peradilan Hak Asasi Manusia di Indonesia : Jakarta, PT. Ghalia Indonesia.
Affan Gaffar, 2002, Politik Indonesia, Transisi menuju Demokrasi : Jogjakarta, Pustaka Pelajar.
Alfian, 1980, Politik, Kebudayaan dan Manusia Indonesia : Jakarta, LP3ES
Anonim, 1993, Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 50 tahun 1993 tentang Kominsi Nasional Hak Asasi Manusia., 2006, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi : Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta, Bina Aksara.
Asshiddiqie, Jimly, 2005, Format Kelembagaan Negara dan Pergeseran Kekuasaan dalam UUD 1945 : Jogjakarta, FHUII Press.
BP7 Pusat, 1995, UUD 1945, P4, GBHN, Bahan Penataran P4 : Jakarta, BP7 Pusat.
Budimansyah, Dasim, 2002, Model Pembelajaran dan Penelian Portofolio : Bandung, PT. Genesindo.
Budiardjo, Prof. Miriam, 1995, Dasar-Dasar Ilmu Politik : Jakarta, Gramedia.
Depdiknas, 2006, Standar Kompetensi Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Tahun 2006 : Jakarta, Depdiknas.
E.Mulyana, 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi :Bandung, Remaja Rosda Karya, Hal 45.
Gabriel A. Almond dan Sidney Verba, 1984, Budaya Politik, Jakarta, Bina Aksara
Kaelan, MS, 2004, Pendidikan Pancasila : Jogjakarta, Edisi reformasi, penerbit Paradigma.
Lemhanas, 2001, Pendidikan Kewarganegaraan : Jakarta, Gramedia Pustaka Umum.
Magnis-Suseno, Franz, 2008, Etika Politik, Prinsip-Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern : Jakarta, Gramedia.
Malian, Sobirin dan Marzuki Suparman, 2003, Pendidikan Kewarganegaraan dan Hak Asasi Manusia : Jogjakarta, UII Press.
Nadirah, 2007, Profesionalisme guru PKn sebagai esensi dari social studies dalam jurnal dinamika pendidikan ( Jurnal Pasca Sarjana UNJ ), Vol 1, No.1 Sept,2007, P.1-2.
Republik Indonesia, Undang-undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.
Slameto,1998, Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya : Jakarta, Bina Aksara, Hal.2.
Tilaar, HAR, et, al, Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia : Bandung, PT. Alumni.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Download