(1) * Ali Nurdin Mail (Dosen FKIP Univeristas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Peranan Model Pembelajaran Debate Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Materi Pokok Uang Pada Peserta Didik. Metode penelitian, melalui kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (Field Research). jenis penelitian yang dipergunakan adalah asosiatif. Populasi kelas X adalah 68 orang sedangkan yang diambil sampel adalah kelas X. sebanyak 68 orang dengan mempergunakan rumus product moment. Berdasarkan analisa data diatas, maka diperoleh nilai hitung = 0,00, Untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan ketentuan melihat peranan nilai rxy hitung dengan rxy tabel, dimana apabila nilai rxy hitung lebih besar atau sama dengan rxy tabel maka hipotesis alternatif (Ha) tidak diterima kebenarannya dan H0 diterima, dan sebaliknya apabila nilai rxy hitung lebih kecil dari rxy tabel, maka Ho diterima dan Ha tidak diterima kebenarannya. Berdasarkan ketentuan tersebut maka dapat dilihat bahwa nilai rxy hitung (0,004) lebih kecil dengan rxy tabel dengan taraf kesalahan 5 % atau 1 % (0,244 - 0,317 < 0,004), Kata Kunci: Model Pembelajaran Debate, Product Moment, Prestasi Belajar

          

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Assauri, Sofyan, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Jakarta, UI Press, 2008

Anggota Ikapi, Konstitusional, Jakarta : Depdiknas, 2004

Ahmadi,Abu, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Aneka Cipta, 2003

Aadesanjaya, Evaluasi dalam Pembelajaran, Jakarta : Balai Pustaka, 2012

Bahri, Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Salemba Empat, Jakarta, 2005

, Belajar Pembelajaran, Jakarta : Salemba Empat, 2012

Cangara, Komunikasi Sebagai Alat Penghubung, Jakarta : Balai Pustaka, 2006

Dalyono, M., Teori-Teori Pembelajaran, Surabaya: Tarsito, 2005

Efendi, Psikologi Komunikasi, Yogyakarta : UGM, 2007

Gulo, W., Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2003

Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Bumi Aksara, 2003

Hadi, Nirwan, Ilmu Manajemen, Yogyakarta: UGM Press, 2010

Ihsan, Fuad, Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, Surabaya: Tarsito, 2005

Jenae, Pendidikan Formal dan Informal, Bandung : Rineka Cipta, 2003

Kartono, Kartini, Peranan Keluarga Berencana Memandu Anak. Jakarta: CV Rajawali, 2000

Kotler, Marketing Manajemen, Jakarta : Salemba Empat, 2009

Purwanto, M., Ngalim, Psikologi Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003, Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : 2004

Purwodarminto, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Depdiknas, 2003

Rahayu, Sri, Peranan Lingkungan dalam Belajar. Jakarta: CV Rajawali, 2002

Setia, Hadi¸ Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas, 2003

S. Surya Sumantri, Jujun, Prosedur Penelitian, Jakarta : Tarsito, 2000

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Supardi, Faktor Yang Mempengaruhi Belajar, Jakarta : Cipta Karya, 2003

Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Salemba, 2004

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan; Suatu Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2005

Sugiharto, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakata: UII Press, 2007

Syaodih, Nana, Evaluasi dalam Pembelajaran, Bandung : Tarsito, 2003

Swasta, Basu, Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran, Jakarta : Pustaka Nasional, 2008

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Yogyakarta : Alphabeta, 2000, Metode Penelitian Bisnis, Bandung : CV. Alfabeta, 2005

Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007

Umar, Tirtarahardja, Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Wuradji, Urgensi Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa, Jakarta : Pustaka Nasional, 2007

W.S., Winkel, Pembelajaran dan Proses Penilaiannya, Jakarta : Depdiknas, 2004

Zaini, Hasyim, Pembelajaran Aktif, Semarang : Unnes, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.