E-LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN IPS DALAM TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA COVID-19

(1) * Andes Fuady Dharma Harahap Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pesatnya perkembangan zaman, teknologi sendiri sudah seharusnya diikuti dengan suatu perubahan dalam bidang pembelajaran. Dimana paenerapan teknologi informasi sendiri dalam pembelajaran dikenal dengan E-Learning, salah satu mata pelajaran yang membutuhkan suatu inovasi dengan E-Learning adalah IPS. E-Learning dalam pembelajaran IPS bisa dikatakan suatu inovasi karena memenuhi syarat inovasi yaitu baru, kualitatif dan mempunyai tujuan. Baru dan kualitatif artinya pembelajaran IPS terpadu berbasis TIK memberikan khasanah baru dalam proses pembelajaran IPS yang selama ini bersifat konvensional. Sebelumnya proses pembelajaran IPS banyak bersumber pada dari teks-teks, buku pelajaran, dan media cetak, namun dengan adanya berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sumber pembelajaran IPS menjadi luas dan terinci. Adanya peritiwa-peritiwa yang ada di daerah begitu mudah dan cepat diterima oleh peserta didik. Tujuan model pembelajaran IPS berbasis TIK mempunyai suatu tujuan sendiri untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung dan mempercepat memperoleh pendidikan dan memperbaiki kualitas pendidikan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan teknologi dalam pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah dan memfasilitasi kegiatan pembelajaran siswa. Selain itu juga adanya Covid-19 atau sering disebut dengan virus corona, sehingga adanya virus corona tersebut pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Munculnya covid-19 menjadikan dan mengubah model pembelajaran dengan system online dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung dan contohnya guru sendiri dalam menanamkan pembelajaran daring mengguanakan aplikasi google, classroom, google meet dan E-Learning. Adapun contoh penerapan E-Learning dalam pembelajaran IPS adalah penggunaan situs-situs/web yang mampu mendukung tercapainya tujuan pembelajaran seperti situs khake (http://www.khake.com), situs wordl history compass dan situs scicental. Selain itu juga guru dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang mampu mendukung kegiatan mengajar menjadi lebih menarik seperti aplikasi freemind , photo story, dan sebagainya.


Keywords


Covid-19, E-Learning, Inovasi Pembelajaran IPS, Pembelajaran Daring

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i3.2021.%25p
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i3.2021.%p Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Depdiknas,Undang-Undang no 20 tahun 2003 Tentang Sitem Pendidikan Nasional

Widiyani, R. (2002). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga isu Terkini. Retrieved from detik news: https://news.detik.com/berita/d943950/ latar-belakang-virus- coronaperkembangan-hingga-isu-terkini

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Kristiawan, M. & Rahmat, n. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra,3(2), 373-390

Nur, Laila Zahroh. (2015). E-Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran IPS Tantangan Dan Peluang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Taufik, Rahman. Jurnal: Pembelajaran Draing Di Era Covid-19. Universitas Lambung Mangkurat

Subiyakto, B.,& Akmal, H. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai Pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 17 (1), 137-166


Refbacks

  • There are currently no refbacks.