ANALISIS KEPUASAN TARUNA TINGKAT III POLTEKIP TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN BPSDM KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM

(1) * Erika Safitri Mail (Politeknik ilmu pemasyarakatan, Indonesia)
(2) Padmono Wibowo Mail (Politeknik ilmu pemasyarakatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Perpustakaan adalah salah satu fasilitas yang wajib dimiliki baik sekolah maupun perguruan tinggi. Tidak terkecuali Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang merupakan pusat diklat para pegawai negeri di lingkungan kementerian hukum dan HAM dan juga menaungi dua perguruan tinggi kedinasan yaitu POLTEKIP dan POLTEKIM. BPSDM memiliki perpustakaan yang dapat diakses oleh seluruh peserta diklat maupun taruna. Dalam hal ini kepuasan para pemakai perpustakaan sangat penting dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan. Maka dari itu dilakukan penelitian mengenai kepuasan pemakai dalam hal ini jumlah populasi dari taruna Poltekip adalah 253 orang .Sampel diambil dengan memggunakan rumus slovin dengan hasil akhir sampel adalah taruna POLTEKIP Tingkat III berjumlah 72 orang yang diambil secara acak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Hasil pembahasan menunjukan bahwa 55% taruna merasa sangat puas terhadap pelayanan perpustakaan.  Dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan BPSDM Hukum dan HAM ini sangat baik.


Keywords


Pelayanan, perpustakaan, tangibles,reabillity, responsiviness,assurance,empathy.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.158-168
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i1.2021.158-168 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Kotler dan Amstrong. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran, Jilid 2 ( edisi ke-8). Jakarta: Erlangga.

Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry, "SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of

Service Quality" dalam Journal of Retailing Volume 64 Number 1 Spring 1988, pp.12-40.

(Irawan & Komara, 2017)Ginting, M., & Indriyani, D. (2012). Perpustakaan Ukrida Dengan Metode Servqual. Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(2), 182–195.

Irawan, A., & Komara, E. F. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 123. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i2.690

Yunanta, A. (2015). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Berdasarkan Harapan dan Kenyataan : Studi kasus pada Perpustakaan Politeknik Negeri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.