MENELUSURI AKAR PERILAKU CYBERLOAFING PADA MAHASISWA: KAJIAN LITERATUR

(1) * I Gusti Agung Ayu Tribuana Putri Mail (Universitas Udayana, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Internet telah digunakan pada berbagai bidang kehidupan manusia yang salah satunya adalah pendidikan. Pada bidang pendidikan, penggunaan internet dengan intensitas tinggi dapat menimbulkan penyalahgunaan internet yang disebut cyberloafing. Cyberloafing merupakan perilaku mengakses internet ketika pembelajaran sedang berlangsung sehingga menimbulkan penurunan produktivitas akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada perilaku cyberloafing pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan kajian literatur dengan pangkalan data: Google Scholar, Semantic Scholar, dan Science Direct dengan penelitian pada rentang tahun 2015 – 2025. Terdapat 12 artikel dengan pendekatan kuantitatif yang memenuhi kriteria dari penemuan awal sebanyak 35 artikel. Hasil penelitian menyatakan terdapat faktor akademik yakni persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dan stres akademik serta faktor non akademik yakni kepribadian, adiksi gawai dan internet, self-awareness, dan kesepian yang memengaruhi perilaku cyberloafing mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan antisipasi perluasan perilaku cyberloafing dan evaluasi terhadap faktor-faktor yang memengaruhinya pada ranah perguruan tinggi.


Keywords


cyberloafing, cyberslacking, mahasiswa, penyalahgunaan internet, perguruan tinggi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i10.2025.4143-4155
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i10.2025.4143-4155 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adiba, W. Z., Kadiyono, A., & Hanami, Y. (2021). Cyberloafing, Baik atau Buruk?: Exploratory Case Study Karyawan selama Pandemi Covid-19. Performance.

Aguilera-Manrique, G., Márquez-Hernández, V. V., Alcaraz-Córdoba, T., Granados-Gámez, G., Gutiérrez-Puertas, V., & Gutiérrez-Puertas, L. (2018). The Relationship between Nomophobia and The Distraction Associated with Smartphone Use Among Nursing Students in Their Clinical Practicum. PLoS ONE, 13(8). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0202953

Akbulut, Y., Dursun, Ö. Ö., Dönmez, O., & Şahin, Y. L. (2016). In search of a Measure to Investigate Cyberloafing in Educational Setting. Computers in Human Behavior, 55, 616–625. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.002

Alias, N. F., Mustafa, S. M. S., & Ahmad, Z. (2019). Investigating the Usefullness of Counselling Tool to Improve Students’ Self-Awareness. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(13). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-i13/6252

Anam, K., Arista Pratomo, G., Psikologi, J., & Artikel, S. (2019). Fenomena Cyberslacking pada Mahasiswa. Intuisi:Jurnal Psikologi Ilmiah, 11. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/intuisi.v11i3.23378

Annur, C. M. (2023). Belanja Online hingga Mencari Berita, Ini Sederet Tujuan Warga Indonesia Gunakan Internet. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/8b5df8e722eea60/belanja-online-hingga-mencari-berita-ini-sederet-tujuan-warga-indonesia-gunakan-internet

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). APJII di Indonesia Digital Outloook 2022. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857

Baroroh. (2017). Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Sikap Guru dengan Minat Belajar Pai Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Miri Sragen Tahun Ajaran 2017/2018 [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Grasindo.

Dinarti, L. K., & Satwika, Y. W. (2022). Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Cyberloafing pada Mahasiswa. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i7.47977

Ferlyta, F. D. (2022). Hubungan antara Loneliness dengan Cyberslacking pada Mahasiswa [Skripsi]. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Fuadiah, L., Anward, H. H., & Erlyani, N. (2016). Peranan Conscientiousness terhadap Perilaku Cyberloafing pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 3(1). https://doi.org/10.20527/ecopsy.v3i1.1942

Gerow, J. E., Galluch, P. S., & Thatcher, J. B. (2010). To Slack or Not to Slack: Internet Usage in the Classroom. Journal of Information Technology Theory and Application, 11(3), 5–24.

Gullu, B. F., & Serin, H. (2020). The Relationship Between Fear of Missing Out (FoMO) Levels and Cyberloafing Behaviour of Teachers. Journal of Education and Learning, 9(5), 205. https://doi.org/10.5539/jel.v9n5p205

Hibrian, H., Baihaqi, M., & Ihsan, H. (2022). Relationship between academic stress and cyberloafing behavior among Psychology Department Students at Universitas Pendidikan Indonesia. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 89. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v10i2.17602

Husna, F. H., Silviandari, I. A., & Susilawati, I. R. (2020). Kebosanan Kerja Sebagai Prediktor Perilaku Cyberloafing Pada Karyawan. Jurnal Studia Insania, 8(1), 43. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i1.3516

Kementerian Komunikasi dan Digital. (2013, October 22). Internet Sehat dan Aman (INSAN). Kementerian Komunikasi dan Digital. https://www.komdigi.go.id/berita/pengumuman/detail/internet-sehat-dan-aman-insan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.