DISKRIMINASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 095 PEKANBARU

(1) * Neulis Utami Galuh Ramadhani Mail (Universitas Riau, Indonesia, Indonesia)
(2) Yoskar Kadarisman Mail (Universitas Riau, Indonesia, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diskriminasi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan upaya guru dalam mencegah terjadinya diskriminasi di SD Negeri 095 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, dua orang guru, dan dua orang tua ABK, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan incidental sampling. Data dianalisis menggunakan teori Diskriminasi Gordon Allport. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk diskriminasi halus yang sesuai dengan tahap awal teori Allport yaitu antilocution dan avoidance. Triangulasi dengan orang tua mengungkap adanya pengucilan sosial yang lebih nyata dibandingkan yang terlihat di permukaan. Upaya pencegahan diskriminasi dilakukan melalui pendekatan komprehensif yang meliputi penanaman nilai-nilai inklusif, penciptaan lingkungan pembelajaran yang suportif, dan pengembangan sistem penanganan masalah yang adaptif. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pendampingan khusus untuk ABK yang mengisolasi diri dan pembentukan forum kolaboratif antara orang tua ABK dan orang tua siswa regular untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusi.


Keywords


Diskriminasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i3.2025.1115-1119
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i3.2025.1115-1119 Abstract views : 3 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Allport, Gordon. (1954). The Nature of Prejudice. Reading, MA: Addison-Wesley.

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam perspektif epistemologi Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57-71.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan 'Konsep, Teori dan Aplikasinya.' Medan: LPPPI.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Moriña, Anabel. (2017). Inclusive Education in Higher Education: Challenges and Opportunities. European Journal of Special Needs Education, 32(1), 3-17.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

PPK-LK Direktorat Pendidikan Dasar. (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY.

Samsu, S. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusaka.

Soehartono, I. (2011). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarnoto, Nissa. (2016). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas, 13(1), 50-61.

Wardah, E. Y. (2019). Peranan guru pembimbing khusus lulusan non-pendidikan luar biasa (PLB) terhadap pelayanan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 93-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.