STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING JCONNECT BANK JATIM

(1) * Maria Kartika Chandra Puspa Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(2) Diana Amalia Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Bank Jatim meluncurkan aplikasi Jconnect yang merupakan pengembangan dari layanan Digital Bank Jatim. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi Public Relations PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur dalam rebranding aplikasi “Digital Bank Jatim†menjadi “Jconnectâ€. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang akan digunakan peneliti dalam penelitian ini yakni Wawancara Mendalam (in-depth interview), Dokumentasi dan Observasi. Adanya Jconnect sebagai hasil dari rebranding Digital Mobile Banking Bank Jatim merupakan perwujudan dari visi Bank Jatim yaitu menjadi BPD no. 1 di Indonesia. Dalam mencapai tujuannya, Bank Jatim merasa harus memahami apa yang sedang marak dan menjadi tren sehingga Bank Jatim dapat berpenetrasi dengan audiens dan masyarakat. Dengan adanya rebranding Jconnect, Bank Jatim pada tahun 2022 berhasil mendapat penghargaan sebagai Top BUMD di Indonesia.

Keywords


Strategi; rebranding; digital bank

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i1.2025.446-457
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i1.2025.446-457 Abstract views : 2

   

Cite

   

References


Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2013). Cutlip and Center’s Effective Public Relations / Glen M. Broom, Bey-Ling Sha.—11th ed. (S. Yagan & A. Greene, Eds.; 11th ed.). Pearson Education, Inc.

Dewani, P. K., & Amalia, D. (2022). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS IBIS. 9(7), 2661–2669.

Dubbelink, S. I., Soria, C. H., & Constantinides, E. (2021). Social media marketing as a branding strategy in extraordinary times: Lessons from the covidâ€19 pandemic. Sustainability (Switzerland), 13(18). https://doi.org/10.3390/su131810310

Duffett, R. (2020). The youtube marketing communication effect on cognitive, affective and behavioural attitudes among generation Z consumers. Sustainability (Switzerland), 12(12). https://doi.org/10.3390/su12125075

Kanaveedu, A., & Kalapurackal, J. J. (2022). Influencer Marketing and Consumer Behaviour: A Systematic Literature Review. Vision, January. https://doi.org/10.1177/09722629221114607

Kaul, P., & Arora, S. (2024). Investigating nexus between corporate re-branding and stock market performance: a study of Indian service sector. Managerial Finance, 50(6), 1153–1173. https://doi.org/10.1108/MF-05-2023-0275

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management. In Strategic Brand Management. https://doi.org/10.1093/hebz/9780198797807.001.0001

Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: Destroying, transferring or creating brand equity? European Journal of Marketing, 40(7–8), 803–824. https://doi.org/10.1108/03090560610670007

Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351

Pomppper, D., Place, K. R., & Weaver, C. K. (2022). The Routledge Companion to Public Relations (1st ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781003131700

Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21.

Ramadhan, D. (2020). Strategi Media Sosial Dan Creative Branding Banyumu Dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Visi Komunikasi, 19(1), 86. https://doi.org/10.22441/visikom.v19i1.9845

Sunder Ramachandran. (2021). UAE ISLAMIC BANKS DEBRANDING & REBRANDING: A CASE STUDY. Academy of Strategic Management Journal , 20(2), 1–14.

Thomas, J. F. (2016). Analisa Pengaruh Rebranding Terhadap Brand Association Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Terhadap Customer Loyalty Pada PT Telkom Indihome Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1–10.

Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163–179. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i2.163-179

Williams, A., Son, S., Walsh, P., & Park, J. (2021). The Influence of Logo Change on Brand Loyalty and the Role of Attitude Toward Rebranding and Logo Evaluation. Sport Marketing Quarterly, 30(1), 69–81. https://doi.org/10.32731/smq.291.032021.06


Refbacks

  • There are currently no refbacks.