PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE VIA ZOOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLTEKIP (STUDI KASUS TARUNA POLTEKIP PRODI MANAJEMEN PEMASYARAKATAN TINGKAT 3)

(1) * Yoga Pratama Fitrianto Mail (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Online aplikasi terhadap motivasi belajar Taruna Poltekip apakah berjalan dengan baik atau tidak. Karena proses pembelajaran mandiri yang dirancang secara tersusun dalam memberikan suatu materi pembelajaran, dan memantau keberhasilan belajar merupakan suatu tanggung jawab dosen. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan apabila ingin menentukan kemungkinan penyebab dan pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Berusaha untuk mengontrol semua variabel yang mempengaruhi hasil kecuali variabel bebas . Ketika menyebar kuesioner, peneliti menjauhkan dari objek agar data yang didapat bersifat netral. Teknik pengambilan menggunakan sampel Non-Probability dimana hanya taruna POLTEKIP diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Dalam riset ini yang dipilih yaitu eksplanatif dimana peneliti mencari sebab akibat antara dua variabel. Analisis ini dipakai apabila dalam penelitian terdapat data dari dua variable yang terdiri dari variabel bebas X dan variabel terikat Y. Variabel X yaitu Pengaruh dan Variabel Y yaitu Motivasi Belajar


Keywords


Metode Kuantitatif, aplikasi zoom, pengaruh pembelajaran, motivasi belajar, Taruna Poltekip

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.1-10
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i1.2021.1-10 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Kimia, J., & Surabaya, U. N. (2014). Henni Nur Farida dan Dian Novita Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. 3(2), 222–230.

Motivasi, T., Hasil, D. A. N., & Siswa, B. (2008).

Perdana. (2018). Motivasi Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Putri, G. K., Ani, Y., & Dewi, S. (2003). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS GOOGLE CLASSROOM EFFECT OF GOOGLE CLASSROOM-BASED DISTANCE LEARNING MODEL Gesa Kharisma Putri , Yuli Ani Setyo Dewi

Rachmawati, D., & Rohaeti, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sains , Teknologi , dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik The Effect of Science , Technology , and Society on Critical Thinking Skills and Learning Motivation of Student. 1, 29–39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.