REPRESENTASI NARASI NERAKA DALAM FILM SIKSA NERAKA

(1) * Sulystia Thoharoh Mail (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
(2) Vani Dias Adiprabowo Mail (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Film Siksa Neraka  merupakan film representasi neraka yang menceritakan sebab-akibat seseorang masuk neraka dan disiksa dengan menunjukan implikasi dari narasi yang dibangun. Representasi Neraka dilihat  dari narasi pada film Siksa Neraka yang berhubungan dengan apa yang dipelajari oleh agama khususnya islam dan bagaiana film ini menunjukan neraka pada penontonnya dengan mengedukasi pendidikan agama secara tidak langsung.  Peneitian ini khusus mengkaji narasi dalam film Siksa Neraka yang memberikan gambaran tentang pedihnya siksa neraka. Penelitian ini bertujuan menganalisis narasi yang efektif sebagai implikasi edukasi dari sudut nilai moral dan religiulitas yang terdapat dalam film Siksa Neraka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis naratif menggunakan teori dari Tzvetan Todorov dengan cara mengumpulkan data penelitian dari adegan, teks dan narasi yang terdapat pada film Siksa Neraka. Menggunakan teori Tzvetan Todorov menghasilkan tiga bagian penelitian yaitu bagian awal, bagian tengah dan bagian akhir. Hasil penelitian ini menujukan tiga bagian pada Film Siksa Neraka yang menunjukan kesinambungan satu sama lain.


Keywords


Representasi; Narasi; Analisis Naratif; Film Siksa Neraka

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v11i8.2024.3057-3068
      

Article metrics

10.31604/jips.v11i8.2024.3057-3068 Abstract views : 232 | PDF views : 298

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adiprabowo, V. D. (2018). Mitos Kebudayaan Dalam Film Jawara Kidul, Tinuk Dan Ktp: Analisis Semiologi Barthesian. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 47. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10211

Adiprabowo, V. D., & Sanofi, Z. (2023). Exploring Culinary Films as a Form of Health Literacy: A Case Study of Aruna dan Lidahnya in Indonesia. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 11(1), 71–80. https://doi.org/10.12928/channel.v11i1.335

Aflisia, N., Afrial, A., & Karolina, A. (2022). Konsep Kewajiban Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.3273

AlJawi, M., Ulandari, F., & Sabariah, S. (2022). Implementasi Shalat Dzuhur Berjamaah Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa Di SDIT Al-Muddatsiriyah Kemayoran Jakarta. Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 75–84. https://doi.org/10.54150/syiar.v2i2.104

Amelia, D., & Azizi, M. H. (2024). Narasi Dakwah dalam Film Pendek 3T (Tafakur, Tadabur, Tasyakur) Karya Jejak Cinema. Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 43–60. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.21

Ashari, Wahyuni, N. S., & Agustriono, L. (2023). Bunuh Diri Remaja Perspektif Psikologi Dan Hukum Islam. Jurnal Hukum: Muadalah, 28–50.

Aydin, S. (2020). Deep Learning Classification of Neuro-Emotional Phase Domain Complexity Levels Induced by Affective Video Film Clips. IEEE Journal of Biomedical and Health Informatics, 24(6), 1695–1702. https://doi.org/10.1109/JBHI.2019.2959843

Azura, W., & Fazullah, A. (2021). Pendekatan Retorik Quranik Dalam Pembentukan Adab dan Kesopanan Komunikasi Berasaskan Komuniti; Satu Tinjauan Menerusi Surah An-nisa. Sains Insani, 6(2). https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol6no2.296

Chidtian, A. S. C. R. El, Renzina, Y. D., & Yani, A. R. (2024). Analisis Tipografi pada Poster Film Horor Indonesia Tahun 2022. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 8(01), 1. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v8i01.975

Dania, D., Nani Sumarlina, E. S., & Darsa, U. A. (2023). Harmonisasi Surga Dan Neraka Dalam Naskah Ini Risalah Periyasan Bagus Dengan Teks Al-Qur’an: Kajian Filologi Atas Tafsir Qur’an. Kabuyutan, 2(1), 70–75. https://doi.org/10.61296/kabuyutan.v2i1.144

Dewi, R. (2019). Konsep Kesehatan Reproduksi Perempuan dalam al-Qur’an. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 248–272. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.920

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Faruk, Y., & Aminullah, M. A. (2024). Taubat Usai Nonton Siksa Neraka, Mas Yanto Ngaku Jadi Waria karena Diselingkuhi Cewek. Suara.Com.

Fawwaz Salim, M., & Irwansyah, I. (2023). Pandangan fiqh siyasah terhadap penyelewengan fasilitas hotel syariah menjadi tempat tindak prostitusi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 321. https://doi.org/10.29210/1202322865

Forman, J., Creswell, J. W., Damschroder, L., Kowalski, C. P., & Krein, S. L. (2008). Qualitative research methods: Key features and insights gained from use in infection prevention research. American Journal of Infection Control, 36(10), 764–771. https://doi.org/10.1016/j.ajic.2008.03.010

Greer, C. (2019). Crime and Media (C. Greer (Ed.)). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367809195

Gunawan, H. (2019). SISTEM PERADILAN ISLAM. Jurnal El-Qanuniy: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan Dan Pranata Sosial, 5(1), 90–103. https://doi.org/10.24952/el-qonuniy.v5i1.1766

Gunawan, H. (2020). Tindak Kejahatan Cyber Crime Dalam Perspektif Fikih Jinayah. Jurnal El-Qanuniy: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan Dan Pranata Sosial, 6(1), 96–110. https://doi.org/10.24952/el-qanuniy.v6i1.2473

Hakiki, L. M. R., & Adiprabowo, V. D. (2023). Nilai Budaya Tradisional Kesenian Gendang Beleq: Studi Etnografi Komunikasi Masyarakat Desa Wanasaba Nusa Tenggara Barat. Jurnal Sendratasik, 12(3), 425. https://doi.org/10.24036/js.v12i3.124435

Hasan, M. S., & Aziz, A. (2023). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 143–159. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i2.1124

Husna, R., & Somad, A. (2022). Eskatologi Hamâmî Zâdah: Kajian Atas Kitab Tafsîr Sûrah Yâsin. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 21(2), 159. https://doi.org/10.18592/jiiu.v21i2.7539

Khair, H. (2022). Alquran Dan Hadits Sebagai Dasar Pendidikan Islam. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.62815/darululum.v13i1.74

Ladamay, O. M. M. A., & Kurniawati, D. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Adab Pada Santri Kuttab Al-Fatih Gresik. Tamaddun, 24(2), 097. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v24i2.6364

Ma’mun, S. (2021). Pengaruh Pemberian Reward dan Punisment terhadap Prestasi Belajar Siswa S. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 20(2), 159–175. https://doi.org/10.47467/mk.v19i1.429

Majid, A. (2020). Representasi Sosial dalam Film “Surat Kecil Untuk Tuhan†(Kajian Semiotika dan Sosiologi Sastra). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(02), 101. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i02.6668

Nur’aini, N., & Hamzah, H. (2023). Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1783–1790. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5867

Nur Fadillah. (2024). Study of the Hadith Regarding Fever in the Perspective of Ma’anil Hadith Yusuf Qardhawi. Spiritus: Religious Studies and Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.59923/spiritus.v2i1.63

Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Ramadhani, A. F., & Adiprabowo, V. D. (2023). Inferioritas Perempuan dalam Film Perempuan Tanah Jahanam. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(2), 320–336. https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.929

Riki, Nurtofik, N., Sultan, U., Muchtarom, M., & Mulyati, M. (2024). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Quran Surah Al-Ashr Ayat 1-3. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3577–3586. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3899

Samsiyah, I., Nursanti, S., & Santoso, M. P. T. (2022). PENGARUH INTENSITAS, ISI PESAN, DAN DAYA TARIK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP SIKAP MASYARAKAT. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(9), 971–979. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.971-979

Setyaningsih, T. W. (2023). Rekreasi Ketakutan, Sebuah Kajian Menonton Film Horor di Masa Pasca Pandemi. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 14(1), 57–72. https://doi.org/10.52290/i.v14i1.100

Shandhika, R., & Jupriani, J. (2023). Analisis Visualisasi Tokoh Ajo Kawir Pada Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Edwin Dan Eka Kurniawan. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 1(2), 209–221. https://doi.org/10.59581/seniman-widyakarya.v1i2.1100

Siksa Neraka Full Movie HD 2024 English Subtitle | Indonesian Horror Movie 2024 HD - YouTube. (n.d.).

Sipahutar, A. J., & Pulungan, E. N. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Sarjanawiyata Tamansiswa Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 168–184. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.230

Sirojammuniro, A. (2020). ANALISIS POLA PERILAKU PACARAN PADA REMAJA. International Journal of Offshore and Coastal Engineeing, 4(2). https://doi.org/10.12962/j2580-0914.v4i2.9304

Soewondo, S. S., Parawansa, S. S. R., & Amri, U. (2023). Konsep Euthanasia di Berbagai Negara dan Pembaruannya di Indonesia. Media Iuris, 6(2), 231–254. https://doi.org/10.20473/mi.v6i2.43841

Sofia, S. M. S. (2023). Fenomena Khalwat Pasca Khitbah di Masyarakat Desa Bluto Kabupaten Sumenep. El Nubuwwah: Jurnal Studi Hadis, 1(2), 122–143. https://doi.org/10.19105/elnubuwwah.v1i2.8398

Tuffahati, S. T., & Claretta, D. (2023). Analisis Resepsi Penonton terhadap Mitos Menolak Lamaran Pernikahan dalam Film Yuni. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1793–1802. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1692

Ulfiyati, N. S., & Muniri, A. S. (2022). PERBEDAAN SANKSI BAGI PELAKU ZINA DALAM HUKUM PIDANA ISLAM DAN HUKUM PIDANA POSITIF. USRAH: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 3(2), 80–94. https://doi.org/10.46773/usrah.v3i1.482

Utami, D. B. (2019). Mengenal Indonesia Melalui Netflix Original Movie. Jurnal Komunikasi, 11(1), 70. https://doi.org/10.24912/jk.v11i1.4051

Wahyudi, T. (2020). Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda Di Era Disrupsi. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 141–161. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.1999


Refbacks

  • There are currently no refbacks.