PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK BAGI KALANGAN MAHASISWA DI KOTA PEKANBARU

(1) Natalia Zesika Mail (Universitas Riau, Indonesia)
(2) * Rina Susanti Mail (Universitas Riau, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


TikTok sebagai salah satu media sosial yang populer di Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa usia 18-24 tahun, menawarkan fitur-fitur menarik yang memikat perhatian penggunanya. Namun, dampak dari penggunaan TikTok bisa bersifat positif maupun negatif, tergantung pada bagaimana pegguna memanfaatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motif yang melatarbelakangi penggunaan TikTok oleh mahasiswa di Kota Pekanbaru, 2) pola pemanfaatan media sosial TikTok bagi Mahasiswa di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna TikTok di Universitas Kota Pekanbaru dengan menentukan ukuran sampel menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Kemudian menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability yaitu purposive sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa motif bernilai dominan yaitu motif tren (1.381), motif fitur-fitur menarik (929), motif hiburan (1.075), dan motif informasi (1.078). selanjutnya motif yang bernilai kurang dominan yaitu motif popularitas (1.150), dan motif ekspresi diri (860). Beberapa jenis pola pemanfaatan TikTok yang bernilai dominan, yaitu pola informasi (1.304), pola identitas pribadi (914), pola hiburan (980), dan pola konsumsi (931). Selanjutnya jenis pola yang bernilai kurang dominan yaitu integrasi dan interaksi sosial (1.023), dan bernilai tidak dominan ekonomi (740).


Keywords


Mahasiswa, Motif Penggunaan, Pola Pemanfaatan, TikTok

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v11i6.2024.2172-2181
      

Article metrics

10.31604/jips.v11i6.2024.2172-2181 Abstract views : 2055 | PDF views : 536

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abraham Maslow. (1984). Motivasi Dan Kepribadian (Teori Motivasi Dengan Ancangan Hierarki Kebutuhan Manusia). PT. Pustaka Binaman Pressindo .

Abraham Maslow. (2019). A Theory of Human Motivation. General Press.

Abu Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Rineka Cipta.

Arlinah, & Rahma Do Subuh. (2019). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Dan Kesejarahan, 6(2).

Ayu, I., & Sutriani, N. (n.d.). Aktualisasi Diri Dan Media Sosial (Dramaturgi Kaum Milenial Dalam Media Sosial Tiktok) Widya Duta (Vol. 17, Issue 2).

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo.

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Carly Hill. (2022, October 11). What is TikTok: The complete platform guide for 2023. Https://Sproutsocial.Com/.

Carly Hill. (2024, March 26). Apa itu TikTok: Panduan platform lengkap untuk tahun 2024. Sproutsocial.Com.

Dennis McQuail. (1992). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Erlangga.

Diah Isnaini Asiati, & Septadiyanto. (2018). Karakteristik Pengguna Media Sosial. MBIA.

Rulli Nasrullah. (2017). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Fadhilah, N., & Erianjoni, E. (2021). Penggunaan Aplikasi TikTok bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif, 4(3), 320. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.449

Furqan Alfindra, M., & Yahya, M. (2017). Motivasi Mahasiswa Bergabung Dalam Media Sosial Instagram (Student Motivation Joining Social Media Instagram (Studies In Student Communication Studies Department Of Social Unsyiah Using Instagram)). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah (Vol. 2, Issue 3). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Haryanto. (2018). Kominfo: Blokir Tik Tok Hanya Sementara. Kominfo.

Haryanto, A. T. (2018). Ini Kronologi Pemblokiran Tik Tok di Indonesia. Detikinet.https://inet.detik.com/cyberlife/d-4096640/ini-kronologi pemblokiran-tik-tok-di-indonesia

Intan Nirmala Sari Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Sejarah TikTok dari Aplikasi Negeri Panda hingga Mendunia,†https://katadata. co. id/ekonopedia/profil/6404f5c3ce775/sejarah-tiktok-dari-aplikasi-negeri-panda-hingga-mendunia. (2023, March 16).

Isnaini Asiati, D. (2018). Karakteristik Pengguna Media Sosial. MBIA, 17(3).

Januarti Drakel, W., Heny Pratiknjo, M., & Mulianti, T. (2018). Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial Di Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lester, D. (2013). Measuring Maslow’s hierarchy of needs. Psychological Reports, 113(1), 1027–1029. https://doi.org/10.2466/02.20.PR0.113x16z1

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Muhammad Handy Dwi Wijaya, & Musta’in Mashud. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar (Studi pada Hyperrealitas TikTok). Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya , 3(2).

Mukhammad Handy dwi Wijaya, & Musta’in Mashud. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar (Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok). Jurnal Agama Sosial Dan Budaya, 3(2), 170–191.

Nailatul Fadhilah, & Erianjoni Erianjoni. (2021). Penggunaan Aplikasi TikTok bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 4(3).

Nurudin. (2017). Pengantar Komunikasi Massa. PT Rajagrafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. Akademika, 11(02), 401–410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959

Rizqon Halal Syah Aji. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam Jurnal: Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(5), 395–402.

Rulli Nasrullah. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknolog. Simbiosa Rekatama Media.

Sandra Aprilia. (2022). Fenomena Penggunaan Tiktok Sebagai Komunikasi Pembelajaran Alternatif Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kalangan Mahasiswa Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim .

Sari, I. N. (2023). Sejarah TikTok dari Aplikasi Negeri Panda hingga Mendunia. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/intannirmala/ekonopedia/6404f5c3ce775/sejarah-tiktok-dari-aplikasi-negeri-panda-hingga-mendunia

Soerjono Soekanto. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.

Stanley J. Baran, & Dennis K. Davis. (2018). Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Salemba Humanika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, M. H. dwi, & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170–191. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734

Yohana Noni Bulele, & Tony Wibowo. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus TikTok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.