*corresponding author
AbstractPenelitian ini dilakukan kerena rendahnya hasil belajar siswa di kelas tinggi SDN 04 Nan Sabaris Padang Pariaman. Hal ini disebabkan minimnya Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi, untuk mengetahui Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi , dan untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Sisawa Kelas Tinggi SDN 04 Nan Sabaris Padang Pariaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis peneltian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas tinggi SDN 04 Nan Sabaris Padang Pariaman yang berjumlah 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dan Uji Korelasi Berganda korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan koefesien korelasi ( Pola Asuh Orang Tua ) r_(x1y =) 0,521 artinya mempunyai korelasi yang cukup kuat. Koefesien diterminan sebesar Kp = 27,15 berarti kontribusi variabel Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar sebesar 27,15%. Signifikan (t_hitung4,05 > t_tabel 1,69 pada  0,05). Koefesien korelasi ( Minat Belajar ) r_(x2y =) 0,434 artinya mempunyai korelasi yang cukup kuat. Koefesien diterminan sebesar Kp = 18,79 berarti kontribusi variabel Minat Belajar terhadap Hasil Belajar sebesar 18,79%. Signifikan (t_hitung3,19 > t_tabel 1,69 pada  0,05). Selanjutnya koefesien korelasi berganda Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar menunjukkan r_(x1x2y )sebesar 0,258 artinya mempunyai korelasi yang lemah. Koefesien diterminan sebesar Kp= 6,64 berarti kontribusi variabel Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar sebesar 6,64%. Signifikan (f_hitung44,66 > f_tabel 3,22 pada  0,05).  Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 04 Nan Sabaris Padang Pariaman, terdapat hubungan yang signifikan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 04 Nan Sabaris Padang Pariaman dan terdapat hubungan yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 04 Nan Sabaris Padang PariamanKeywordsPola Asuh Orang Tua, Minat Belajar dan Hasil Belajar.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2830-2846 |
Article metrics10.31604/jips.v10i5.2023.2830-2846 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.
Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.
Arikunto, suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
________. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Andriani, Duri. 2014. Metode Penelitian. Banten: Universitas Terbuka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Pusat.
Hadi, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Daru Ulum Talaga Ganding Sumenep. Jurnal Kariman, 7(1), 59-70.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarata: Bumi Aksara.
Hisby, M. , & Kosasih, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Caracas. Jurnal Metaeduksi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79-82.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sumantri.
Maradona, Dos. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 03 Lubuk Alung. Skripsi. Padang Pariaman: STKIP Nasional.
Marlina, Santi. 2011. Hubungan Minat Belajar Terhadap Kesegaran Jasmani di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Skripsi. Padang: UNP.
Ningrum, Wulan Ratna. 2016. Pengaruh Peranan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17, II, hlm. 129-137.
Permendikbud. 66. 2013. Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Putra, Okki Guswandi. 2017. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 11 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi. Padanag Pariaman. STKIP Nasional.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Shochib, Moh. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Syofian. 2017. Statistik Prametik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sisdiknas. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tridhonanto, Al. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download