(2) Nova Susanti
*corresponding author
AbstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peseta didik dalam pembelajaran IPA dikelas V SD Istiqamah Sicincin. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya kreativitas dan disiplin belajar peserta didik dalam proses belajar. Hal ini terlihat pada penilaian IPA masih banyak peserta didik berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Istiqamah Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Is t iqamah Sicincin yang berjumlah 45 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling total yakni seluruh siswa kelas V di SD Istiqamah Sicincin . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan data tentang kreativitas dan disiplin belajar dikumpulkan melalui kuesioner atau angket yang disusun menurut model skala liket. Teknik analisa data yang digunakan menguji hipotesis adalah persial (uji-t), uji simultan (uji-f), uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil statistik diperoleh hasil penelitian terdapat pengaruh kreativtias pada hasil belajar IPA dapat terlihat pada hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (3,882 > 1,682), hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima , tidak terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai thitung -2,173 < ttabel 1,682, hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji f, diperoleh fhitung sebesar 7,641 dan Ftabel yaitu 3,220. Hal ini berarti fhitung > ftabel (7,641 > 3,220) dan sig > 0,05 (0,002 < 0,05), yang mengindikasikan bahwa hipotesis diterima Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa variabel kreativitas berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Istiqamah Sicincin, dan disiplin belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa SD Istiqamah Sicincin. Berdasarkan data di atas diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0.266 atau 26.6 %. Hal ini menunjukkan bahwa 26.6 % hasil belajar siswa dipengaruhi kreativitas dan disiplin belajar. Sedangkan 73.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD Istiqamah Sicincin. KeywordsKreativitas, Disiplin belajar, dan Hasil belajar IPA
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2817-2829 |
Article metrics10.31604/jips.v10i5.2023.2817-2829 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.
Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Daryanto dan Suryatri. (2012). Implemen-tasi Pendidkan karakter di Sekolah. Gava Media.
Djemari, M. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Litera.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Morrison, G R dkk. (2011). Designing Effective Instruction Sixth Edition.
John Wiley and Son.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Sasmito dkk. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Unesa University Press Anggota Ikapi.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Soedjadi, R. (2008). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depar-temen Pendidikan Nasional.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku Seru.
Syamsul, K. (2013). Pendidikan Karakter. ArRuzz Media.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Persada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download