ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA MATAKULIAH PENGANTAR BISNIS ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA STKIP NASIONAL)

(1) * Silvia Roza Mail (STKIP Nasional, Indonesia)
(2) Sumarni Sumarni Mail (STKIP Nasional, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar, metode pembelajaran, media pembelajaran dan lingkungan Kampus secara parsial dan kolektif terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi pada mata kuliah pengantar bisnis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena thitung (4,054) > ttabel (1,976); (2) Metode pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, thitung (5,487) > ttabel (1,976); (3) Media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena nilai thitung (5,210) > ttabel (1,976); (4) Lingkungan Kampus berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena nilai thitung (4,510) > ttabel (1,976); (5) Motivasi belajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan lingkungan Kampus secara simultan berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi mata kuliah pengantar bisnis, karena nilai Fhitung (90,652) > Ftabel (2,66).


Keywords


motivasi belajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan lingkungan Kampus, dan minat belajar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2778-2785
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i5.2023.2778-2785 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.

Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Naibaho, at. All. (2010). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya). Dalam jurnal Manajemen Pemasaran, VOL. 5, NO. 1, April 2010: 22-26

Nirwana, D. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Padang: fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, P. D. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.