PENGALAMAN MULTIKULTURAL DAN KECERDASAN KULTURAL (MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL SISWA DI SEKOLAH BERBASIS AGAMA)

(1) * Nina Kardina Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)
(2) M. Defriansyah Angga Putra Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)
(3) Hendra Harmi Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)
(4) Dina Hajja Ristianti Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman multikultural siswa di sekolah berbasis agama dan hubungannya dengan pengembangan kecerdasan kultural mereka. Globalisasi dan meningkatnya keragaman budaya di masyarakat saat ini menuntut pendidikan untuk mempersiapkan siswa agar menjadi individu yang mampu berinteraksi secara efektif dalam llingkungan multikultural. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan siswa-siswa dari latar belakang budaya yang berbeda di sebuah sekolah menengah di Sekolah Berbasis Agama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan pendekatan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema dan pola yang muncul dari pengalaman multikultural siswa. Selain itu, pengembangan kecerdasan kultural siswa juga akan dinilai melalui instrumen penilaian yang relevan. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkap pengalaman multikultural siswa, termasuk interaksi sosial dengan teman sekelas dari berbagai budaya, pengalaman dalam kegiatan ekstrakurikuler yang memperkenalkan tradisi budaya, serta pengalaman dalam acara sekolah yang menekankan perbedaan budaya. Selanjutnya, penelitian ini juga akan mengevaluasi pengaruh pengalaman multikultural tersebut terhadap pengembangan kecerdasan kultural siswa, termasuk pemahaman tentang budaya orang lain, penghargaan terhadap perbedaan budaya, dan kemampuan beradaptasi dalam konteks multikultural.

Keywords


Multicultural experience, cultural intelligence, multicultural awareness, religious-based schools

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2604-2610
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i5.2023.2604-2610 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anwar, M. Fuad. (2014). Landasan Bimbingan dan Konseling Islam. Depublish.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Rineka Cipta.

Hairudin, M. R. dan. (2018). “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kulturalâ€,. Al-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 89.

Harmi, H. (2019). PENGARUH PENGALAMAN MULTIKULTURAL TERHADAP KECERDASAN KULTURAL SISWA DARI SUDUT PANDANG AGAMA, ETNISITAS DAN GENDER PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS CURUP REJANG LEBONG . (Doctoral Dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Hidayat, O. T. (2022). Pendidikan Multikultural Menuju Masyarakat 5.0. . Muhammadiyah University Press.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Mashudi., F. (2013). Panduan evaluasi dan bimbingan konseling,. Diva press.

MIFTAHUR, R. (2022). MANAJEMEN STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS LAMPUNG TENGAH . (Doctoral Dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Muliyani, M. , B. Y. , & R. R. (2019). MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SEKOLAH BERBASIS AGAMA. In Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE). 2(2), 248–255.

Munir, S. (2018). POLITIK PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL: Konsep dan Strategi Pembelajaran Agama Islam dalam Mewujudkan Islam Rahmatan Li Al-‘Ālamīn. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 2(2), 149–182.

Ristianti, Putra jaya, G, F. (2019). jurnal konseling dan Pendidikan. No.8(Organizational behavior management through group counseling discusions as a radicalism Preventive effort), 1.

Roqib, M. (2013). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LKIS Pelangi Aksara.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. (2013). Metodelogi Penelitian. CV. Mandar Maju.

Setiawan, I. (2022). Kompetensi Konselor Multikultural: Esensi Dalam Mengimpelementasikan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. . In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 155–165.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.

Supardi, I. , & S. S. (2014). Model Pendidikan Multikultural Ramah di Sekolah Ethno-Religio Segregation (E-Rs) Kota Pontianak. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 202–214.

Tialaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional. PT. Grafindo.

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. . UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.