IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEHAVIOR DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA PASCA COVID-19 DI SDIT CAHAYA RABBANI

(1) Ebi Fernandes Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup,, Indonesia)
(2) Deri Wanto Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup,, Indonesia)
(3) * Hendra Harmi Mail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup,, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran perilaku dalam menumbuhkan disiplin siswa di SDIT Cahaya Rabbani pada era pasca Covid-19. Pandemi Covid-19 telah mengganggu sistem pendidikan di seluruh dunia, sehingga memerlukan adopsi pendekatan baru dalam pengajaran dan pembelajaran. Nilai-nilai perilaku seseorang didasarkan pada norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat yang memiliki hubungan dengan Allah SWT dan diri sendiri., Karakter terbentuk dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perilaku. serta orang lain, lingkungan, dan kebangsaan seseorang. Tingkah laku patuh dan patuh seseorang yang menunjukkan kemampuan mentaati peraturan yang telah ditetapkan sekolah merupakan karakter disiplin. Di SDIT Cahaya Rabbani, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran implementasi dan strategi pembinaan karakter disiplin siswa melalui pembelajaran perilaku pada masa pasca pandemi Covid-19 di SDIT Cahaya Rabbani. di SDIT Cahaya Rabbani.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berbasis observasi dan wawancara sebagai bagian dari jenis penelitian kualitatif deskriptif. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan bagian dari metode analisis data. Sekolah, guru PAI, dan wakil kepala sekolah menjadi subyek penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini ialah bahwa SDIT Cahaya Rabbani telah menerapkan teori pembelajaran behavior dalam upaya menumbuhkan disiplin siswa, melalui kegiatan-kegiatan dan program yang telah disusun dalam bentuk buku penghubung.

Keywords


Implementation of behavior learning model, Students' discipline, Post Covid-19, SDIT Cahaya Rabbani.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2394-2405
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i5.2023.2394-2405 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ahmad Rohani. Pengelolaan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Anitah, Sri. “Strategi Pembelajaran,.†Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik., 2010.

Arikunto, S. Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta., 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1980.

Arikunto, Suharsini. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, 1999.

Arikunto, Suharsini. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Al-Mahilli, Imam Jalaluddin, dan Imam Jalaluddin As-Suyuti. Tafsir Jalalain. Penerjemah: Bahrun Abubakar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2019.

Dahar, Ratna Wilis. "'Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran.'" (2019): 20–22.

Familus. "Teori Belajar Aliran Behavioristik dan Dampaknya dalam Pembelajaran di Pelita Bangsa Pelestari Pancasila" 11, no. 2 (2018): 99.

Farida, Siti. "Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam." KABILAH: Journal of Social Community 1, no. 1 (2016): 199.

Haqqi, Akmaluddin Akmaluddin, dan Boy. "Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus)." JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE 5, no. 2 (2019): 1.

Malyana, Andasia. "Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Lampung, Bimbingan Berkelanjutan bagi Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar." Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 2, no. 1 (2020): 71.

Masyfu, Jiddy. "'Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.'" Al-Makrifat 2, no. 1 (2017): 47–59.

Nadlir, M. "Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter." Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 1, no. 2 (2013): 345–352.

Nahar, Novi Irwan. "'Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran.'" NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1, no. 1 (2016): 65.

Nahar. "'Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran.'" (2016): 65.

Omeri, Nopan. "Signifikansi Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan." Manajer Pendidikan 9, no. 9 (2015): 466.

Perpres 87. "Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter | Jogloabang." Diakses pada 14 Maret 2020.

Siahaan, Matdio. "Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan." Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (2020): 73.

Solihin, Dadang. Konsep, Sistem, dan Metode Monitoring & Evaluasi. Jakarta: LPEMFEUI, 2010.

Syaharuddin, Syaharuddin. "'Mempertimbangkan Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19'" (2020): 5.

Tarjiah, Sugi Harni, dan Indina. "'Implementasi Teori Behaviorisme dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di SDN Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara Jakarta Timur." Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2018): 128.

Trisnayati, Destya Dwi. "Mengembangkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa di SMA Khadijah Surabaya melalui Penerapan Aturan Sekolah." Kajian Moral dan Kewarganegaraan 2, no. 1 (2013): 398.

Yasin, Fatah. "'Pengembangan Kedisiplinan sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah.'" El-Hikmah 1, no. 1 (2013): 124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.