(2) Aldri Frinaldi
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan sebagai bentuk pendalaman mengenai proses pengelolaan keuangan desa dimulai awal perencanaan hingga pertanggung jawaban yang kemudian akan dikompilasi menjadi satu kesatuan data yaitu dengan menggunakan aplikasi SISKEUDES online untuk memudahkan proses pelaksanaan penginputan data terkait keuangan desa. Penelitian memakai metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara mendalam terkait masalah yang diteliti. Dianalisis dengan menggunakan Everett M. Rogers (2003) melalui relative advantages, compatibility, complexity, trialability dan observability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi yang diterapkan Kabupaten Agam dalam penyelenggaraan pengelolaan keuangan desa melalui Aplikasi SISKEUDES offline menjadi SISKEUDES berbasis online memiliki fungsi yang lebih efektif dan efisien dalam penerapan dilapangan sehingga mendukung tata kelola pemerintah lebih baik dan maju. Keywords: Inovasi, Pengelolaan Keuangan Desa, Aplikasi Siskeudes
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2122-2132 |
Article metrics10.31604/jips.v10i5.2023.2122-2132 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Almanshur Fauzan, Ghony Djunaidi (2012). Metodologi Penelitian kualitatif, JogJakarta: Arâ€Ruzz Media
Anatan, Lina dan Lena Ellitan. (2009). Manajemen Inovasi (Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia). Penerbit, CV. Alfabeta Bandung
Aprilia Hapsari, Muhammad Guntur, & Rukmana, N. S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik (PAKDES: Aplikasi Laporan Dana Desa Kreatif Berbasis Online di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros). Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 283–304. https://doi.org/10.52316/jap.v17i2.77
Christensen, T., dan Laegreid, P. (2001). New Public Management: The effects of contractualism and devolution on political control. Public management review
Everret M. Rogers. 2003. Diffusion of Innovation. 5th edition. New York: Free Press
Fitriana, D. N. (2014). Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng Surabaya). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(2), 1–10. http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp3c8840fbddfull.pdf
Hapsari, Aprilia, dkk. 2021. Jurnal Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros. Vol XVII (2)
Ilham, I., & Tua, H. (2016). Inovasi Pelayanan dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor pada UPTD S
amsat Kota Bukittinggi. Jom Fisip, 3(2), 1–20.
Ilham.2021.e-Governance.Yogyakarta: Deepublish
Melinda, M., Syamsurizaldi, S., & Kabullah, M. I. (2020). Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Department of Population and Civil Registration of Padang Panjang City. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202–216. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.115
Muharman, A., Fitrisia, A., & Ofianto. (2023). Pergeseran Nomenklatur Administrasi Negara Menjadi Administrasi Publik. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 152–159.
Muharman, A., & Frinaldi, A. (2023). Penerapan Pelayanan Publik Yang Berinovasi Dalam Mewujudkan Good Governance Pada Sektor Publik. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 90–98. https://doi.org/10.25299/jiap.2023.vol9(1).12670
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Puspasari, O. R., & Purnama, D. (2018). Implementasi Sistem Keuangan Desa dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Desa di Kabupaten Kuningan. Jurnal Kajian Akuntansi, 2(2), 145. https://doi.org/10.33603/jka.v2i2.1719
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019). Teori Inovasi. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Evaluasi Pengguna Aplikasi Sistem Keuangan Desa Siskeudes Dalam Meningkatkan Kualitas Akuntabilitas Keuangan desa (Studi Kasus Pada Desa Mattunru-Tunrue Kec.Cempa Kab. Pinrang ). KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Shabrinawati, A., & Yuliastuti, N. (2020). Komponen Smart Governance Berdasarkan Konsep Smart Village. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 21(2), 141. https://doi.org/10.31346/jpikom.v21i2.3020
Siskeudes, S. P. (2016). Ditjen Bina. 201.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download