PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SURTY COLECTION

(1) * Tiyan Fatkhurrokhman Mail (Universitas Muhammadiyah Gombong,, Indonesia)
(2) Wilson Candra Teguh Pratama Mail (Universitas Muhammadiyah Gombong,, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kebutuhan pakaian merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang . Banyak pelaku usaha melihat ini sebagai peluang bisnis salah satunya Surty Collection yang berada di Desa Karangpule, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen. Surty Collection dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa karangpule yang dimana sudah memiliki banyak konsumen  yang loyal walau tergolong usaha baru . Penulis ingin meneliti tentang kepercayaan dan kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap Surty Collection. Dalam penelitian ini kepercayaan sebagai variabel (X1) dan kualitas produk sebagai variabel (X2) yang merupakan variabel bebas, sedangkan loyalitas sebagai variabel (Y) sebagai variabel terikat. Sampel non-probabilitas 100 orang terdiri dari peserta dalam penelitian ini yang terdiri dari konsumen Surty Collection yang sudah pernah membeli lebih dari tiga kali . Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan kuesioner skala Likert yang dimodifikasi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas

Keywords


Kepercayaan, kualitas Produk, Loyalitas

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i10.2022.4096-4102
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i10.2022.4096-4102 Abstract views : 558 | PDF views : 591

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta. Bandung

Mowen, J. C., Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen, Jilid 1. Edisi Indonesia. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2011). 10th Edition. “Marketing an Introductionâ€. Indonesia: Perason.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali

Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 231-240.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Fatkhurrokhman, T. (2021). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API WIJAYAKUSUMA. Manajemen Dewantara, 5(1), 26-33.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.