*corresponding author
AbstractAbstrak Penelitian ini merujuk kepada pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana pemasaran produk melalui content-content marketing yang di publikasikan. Ps. Store Medan merupakan salah satu usaha yang memanfaatkan media sosial ini untuk memasarkan produknya dengan jumlah followersnya 786.000 dan jumlah postingan 1.761. penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh content marketing dan brand awareness yang di buat Ps. Store Medan terhadap minat beli konsumennya. Adapun jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey explanative menggunakan sifat asosiatif untuk menjelaskan hubungan (korelasi) antara Content Marketing Instagram (X1), brand Awareness (X2), dan Minat Beli (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada Responden penelitian yang merupakan followers akun instagram @ps.store Medan sebanyak 786.000. Untuk jumlah sampel diambil dengan rumus Slovin dengan presisi 10%, yaitu berjumlah 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Content Marketing Instagram (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan dengan taraf signifikan (nilai p) = 0,0001 (α < 0,05) dan memiliki hubungan sangat kuat serta pola positif (r = 0,735) yaitu semakin baik Content Marketing maka semakin tinggi minat beli pelanggan PS. Store Medan. Variabel Brand Awareness (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan taraf signifikan 0,025 (p = 0,25) (α < 0,05) dan memiliki hubungan sedang dan berpola positif (r = 0,470) yaitu semakin tinggi Brand Awareness maka semakin tinggi minat beli pelanggan PS. Store Medan.  Kata Kunci: Content Marketing Instagram, Brand Awareness, Minat Beli, PS. Store Medan |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.296-304 |
Article metrics10.31604/jim.v7i1.2023.296-304 Abstract views : 5890 | PDF views : 1640 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba. Empat. Jakarta.
Alma Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.
As’ad H. Abu Rumman dan Anas Y. Alhadid, (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Provider in Jordan. Science Private University, Amman, Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res Vol 3.
Atmoko Dwi, Bambang (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Chaffey, Dave and Fiona Ellis-Chadwick. (2016). Digital Marketing: Strategy,. Implementation and Practice. Sixth Edition. United Kingdom. Pearson.
Chaffey. D., Ellis-Chadwick, F., Johnson, K., & Mayer, R. (2016). Internet Marketing Strategy, Implementation and Practice (3rd ed.). Harlow, UK: Prentice Hall FT.
Clow, Kenneth E. dan Donald Baack. (2014). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications (sixth edition). London : Pearson Education.
Cooper & Schindler (2011) Business Research Methods 11thed. New York: McGraw-Hill Companies inc.
Dewi, Janita Ike (2005). Perspektif Baru Dalam Strategi Branding, Bisnis, Dan Karir. Amara books: Yogyakarta,
Durianto, Darmadi, dkk. (2019). Strategi Menaklukkan Pasar. Gramedia pustaka utama: Jakarta
El-Gohary, Hatem (2010). E-Marketing a Literature Review from a small businesses perspective. Vol.1 No.1 pp 214-244. United States Of America: International Journal Of Business and Social Science.
Ghozali, Imam (2011) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdan, Y., Ratnasari, A., Sofyan, A., & Tandika, D. (2017). Promosi Bisnis untuk Meningkatkan Omzet Penjualan. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(2), 108–113
Handley, Ann dan Chapman, C.C. (2010). Content Rules to Engage Customers and Ignite Your Business. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc.
Hermawan Agus (2012), Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-pengguna-internet-di-indonesia#
I Wayan Dicky Reza Pranata, Km. Agus Satria Pramudana (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10, 2018: 5230-5257
Kartono. (2007). Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek. Gramedia Utama: Jakarta,
Kasali, Rhenald. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Pustaka Grafiti, Jakarta
Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., (2006). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, 13th Edition. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Laudon dkk (2008) Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Salemba 4 : Jakarta
Limakrisna, Nandan., & Purba, Togi Parulian. (2017). Manajemen Pemasaran Edisi 2. Lea-Greenwood,
M. Nisrina (2015) Bisnis Online, Manfaat Media Online Dalam Meraup Uang. Kobis: Yogyakarta.
Mustafa Iman. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial.
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14. Diakses pada 28
November 2020
Nastiti, Ade Reza Arientika Cipta dan Sutrisno Satrio Utomo (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli handphone merek lokal (analisis structural equation model pengaruh Brand Awareness, word of mouth, perceived, quality, usage brand performance and inovation awareness. Journal ilmiah hal 80-94.
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176.
Prabawa, Kadek Teddy Surya dkk (2017) Peran Brand Awareness Dalam Memindai Hubungan Iklan Dan Personal Selling Dengan Niat Beli. E- Jurnal Manajemen Vol 6 No2 2017
Pramono, AG.Suyono, Sri Sukmawati. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta
Prihantoro, E. (2016). Akun Instagram Dagelan Sebagai Media Promosi Brand Dan Bisnis Lokal Indonesia. pangkalfinang: Prosiding The Power of Communication Conference 2016.
Prihantoro, Rudy, (2012). Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: Remaja. Rosdakarya
Pujileksono, Sugeng (2015) Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans publishing.
Rizal, V. Z. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@ Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika, 4(1), 75-87
Rombli Asep Syamsul Muhammad. (2018) Jurnalistik online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia: Bandung.
Ryan, Damian. (2017). Understanding Digital Media, Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. London : Kogan Page.
Sangadji E.M, dkk, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET, 2013),225
Sekaran, Umar dan Roger Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk bisnis :Pendekatan Pengembanagan Keahlian. Edisi 6. Buku 1 terjemahan oleh Kwan Men Yon. Jakarta: Selemba empat
Semuel, Hatane dan Adi Suryanata Lianto. (2014). “Analisis e-WOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone Di Surabayaâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 8, No. 2, Hal. (47- 54)
Setiadi Nugroho J. (2013). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Setyani, Novia Ika. (2013). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunitas. Surakarta : Jurnal komunikasi hal 4 – 7.
Sujarweni V. Wiratna (2015) Statistik Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Strauss J & Frost R (2014) E-marketing 7th ed. London: Pearson Education, inc.
Taprial, Varinder & Kanwar, Priya (2012). Understanding Social Media. Ventus Publishing. ISBN [978-87-. 7681-992-7].
Tjiptono,Fandy, (2011). Manajemen dan Strategi Merek, Andi: Yogyakarta.
Tjiptono Fandy (2015) Strategi Pemasaran. Gramedia: Yogyakarta.
____________ (2011) Prinsip-prinsip Total Quality Service, Andi Ofset: Yogyakarta.
Undang-Undang No. 5 Tahun 2001 Mengenai Merek Pasal 1 Ayat 1.
Van Dijk Teun A (2003) Ideology And Discourse (a multidisciplinary introduction). Ariel: Barcelon.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download