Strategi Pelayanan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 35 Kecamatan Lolong Guba Kabupaten Buru

(1) * Juliana Nurlatu Mail (Universitas Pattimura, Indonesia)
(2) Samson Laurens Mail (Universitas Pattimura, Indonesia)
(3) Stanislaus Kostka Ohoiwutun Mail (Universitas Pattimura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pelayanan pendidikan di SMP Negeri 35 Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menggali secara mendalam manajemen pelayanan, penguatan kompetensi guru, pemanfaatan teknologi, dan keterlibatan masyarakat. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah berjalan cukup baik dengan perencanaan partisipatif, meskipun keterbatasan dana masih menjadi kendala utama. Penguatan kompetensi guru melalui pelatihan internal dan inisiatif belajar mandiri meningkatkan kreativitas pembelajaran, sementara pemanfaatan teknologi meski terbatas jaringan, tetap mendukung inovasi pembelajaran. Dukungan masyarakat juga berperan signifikan melalui kontribusi moral, material, dan gotong royong. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antar-stakeholder dan optimalisasi sumber daya untuk mewujudkan pelayanan pendidikan yang efektif, inovatif, dan berkelanjutan di daerah terpencil.


Keywords


Strategi Pelayanan; Kualitas Pendidikan; Kolaborasi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2375-2382
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2375-2382 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208.

Artanto, D. (2022). Strategi kepemimpinan transformasional untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan Islam. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 108–122.

Baidowi, A. (2024). Strategi Implementasi Visi dan Misi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 37–55.

Djatola, H. (2021). Peran Human Capital Sebagai Sumber Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Organisasi Pendidikan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora, 12(2), 141–155.

Harsoyo, R., & Sukmawati, A. D. (2023). Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Madrasah Riset dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 1 Ngawi. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 61–77.

Khodijah, S., & Haq, M. S. (2021). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 156–170.

Ponto, I. S., Patty, J. T., & Sakir, A. R. (2024). Upaya pencegahan patologi birokrasi melalui penerapan good government untuk menciptakan birokrasi yang efisien. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 14(2), 112–124.

Sakir, A. R., Amaliah, Y., Lukman, J. P., & Rajab, M. (2023). Strategi Dinas Sosial Kota Makassar Dalam Upaya Penanganan Anak Jalanan. Jurnal Sutasoma, 2(1), 19–26.

Setyaningsih, D. (2022). Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pedagogika, 24–34.

Simatupang, U. N., & Arneti, R. (2024). Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Jurnal Niara, 16(3), 606–613.

Triana, N. M., Nasution, I., & Nasution, T. S. F. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Abdi Utama Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).

Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92–104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.