(2) Endang Iryanti
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas strategi sponsorship dan open booth dalam meningkatkan penjualan produk Telkomsel di Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan uji statistik Mann-Whitney dan perhitungan matematis. Hasil penelitian menunjukkan 1) sponsorship menghasilkan penjualan lebih tinggi dibandingkan open booth, 2) analisis cost ratio mengungkapkan bahwa open booth lebih efisien secara biaya dengan rasio efisiensi 52% lebih baik 3) temuan dari uji statistik Mann-Whitney menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kedua strategi, akan tetapi effect size termasuk dalam kategori sedang dengan kecenderungan sponsorship lebih unggul dalam peringkat penjualan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa sponsorship lebih unggul dalam hal volume penjualan, namun open booth lebih efisien dari segi biaya. KeywordsCost Ratio; Efektif; Open Booth; Sponsorship
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2354-2359 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.2354-2359 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Andika, R. (2022). Dampak sponsorship terhadap brand awareness konsumen muda di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 45-60.
Budianto, A. (2021). Efektivitas open booth dalam meningkatkan penjualan produk telekomunikasi di Jawa Timur. Jurnal Bisnis Strategi, 12(3), 112-125.
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Routledge.
Dwiridotjahjono, F. (2024). Peran sponsorship dalam membangun brand equity. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1), 78-92.
Hantrais, L. (2009). International comparative research. Theory, methods and practice. Palgrave Macmillan.
Kindlof, T. (2017). Emotional branding through sponsorship: A psychological perspective. Journal of Marketing Communications, 23(4), 305-320.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson.
McKnight, P. E., & Najab, J. (2010). Mann?Whitney U Test. The Corsini encyclopedia of psychology, 1-1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download