Analisis Komparatif Efektivitas Kerja Sama Sponsorship dan Open Booth dalam Meningkatkan Penjualan Telkomsel Surabaya

(1) * Andre Juan Saputra Mail (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(2) Endang Iryanti Mail (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas strategi  sponsorship dan open booth dalam meningkatkan penjualan produk Telkomsel di Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan uji statistik Mann-Whitney dan perhitungan matematis. Hasil penelitian menunjukkan 1)  sponsorship menghasilkan penjualan lebih tinggi dibandingkan open booth, 2) analisis cost ratio mengungkapkan bahwa open booth lebih efisien secara biaya dengan rasio efisiensi 52% lebih baik 3) temuan dari uji statistik Mann-Whitney menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kedua strategi, akan tetapi effect size termasuk dalam kategori sedang dengan kecenderungan  sponsorship lebih unggul dalam peringkat penjualan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa  sponsorship lebih unggul dalam hal volume penjualan, namun open booth lebih efisien dari segi biaya.


Keywords


Cost Ratio; Efektif; Open Booth; Sponsorship

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2354-2359
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2354-2359 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Andika, R. (2022). Dampak sponsorship terhadap brand awareness konsumen muda di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 45-60.

Budianto, A. (2021). Efektivitas open booth dalam meningkatkan penjualan produk telekomunikasi di Jawa Timur. Jurnal Bisnis Strategi, 12(3), 112-125.

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Routledge.

Dwiridotjahjono, F. (2024). Peran sponsorship dalam membangun brand equity. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1), 78-92.

Hantrais, L. (2009). International comparative research. Theory, methods and practice. Palgrave Macmillan.

Kindlof, T. (2017). Emotional branding through sponsorship: A psychological perspective. Journal of Marketing Communications, 23(4), 305-320.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson.

McKnight, P. E., & Najab, J. (2010). Mann?Whitney U Test. The Corsini encyclopedia of psychology, 1-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.