Merchandise sebagai Media Komunikasi Simbolik: Studi Fenomenologis pada Komunitas Aksi Kamisan

(1) * Muhammad Alvian Wibiksana Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Weni Adityasning Arindawati Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Oky Oxcygentri Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana merchandise kaos Band Efek Rumah Kaca, khususnya artikel "Jingga", digunakan oleh anggota Komunitas Aksi Kamisan sebagai medium komunikasi simbolik yang merepresentasikan identitas, solidaritas, dan perlawanan terhadap ketidakadilan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi Alfred Schutz, penelitian ini menggali makna subjektif, motif, serta pengalaman komunikatif para informan dalam menggunakan merchandise tersebut. Temuan menunjukkan bahwa kaos ini tidak hanya berfungsi sebagai atribut fashion, melainkan juga sebagai simbol perjuangan Hak Asasi Manusia (HAM), pengikat emosional terhadap narasi lagu, dan alat komunikasi non-verbal dalam ruang publik. Motif penggunaan terbagi dalam because motive (dorongan dari masa lalu dan pengalaman) dan in-order-to motive (tujuan masa depan), yang mencerminkan integrasi antara ekspresi personal dan semangat kolektif. Penelitian ini menyoroti peran budaya populer dalam membentuk makna sosial dan memperkuat kohesi komunitas, sekaligus membuka wacana baru tentang komunikasi simbolik dalam gerakan sosial kontemporer.

Keywords


Pemaknaan Komunikasi; Hak Asasi Manusia; Fenomenologi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2093-2099
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2093-2099 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amalia, M. (2021). PHENOMENOLOGY STUDY OF DIGITAL POLITICAL PARTICIPATION OF SURABAYA STUDENTS ON TWITTER. The Commercium, 4(3), 177–186. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/tc.v4i3.43330

Dwinanda Pratya Annisa Murni, & Rahma Wahdiniwaty. (2023). Merchandise Brand Image Analysis in Shaping Consumptive Lifestyle A Community of Fans. Proceeding of International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities, 5, 225–230. https://doi.org/10.34010/icobest.v3i.140

Jannah, M. D. (2021). ANALISIS SEMANTIK RAGAM MAKNA PADA LIRIK LAGU DESEMBER KARYA BAND EFEK RUMAH KACA. Urnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 75–84. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/teks/article/view/13753

kiosojokeos. (2018). Kaos Official merchandise Efek Rumah Kaca. Instagram. https://www.instagram.com/p/Bd1sqFqBC62/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D&img_index=1

Manggola, A., & Thadi, R. (2021). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Motif Pemakaian Peci Hitam Polos. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 3(1), 19–25. https://doi.org/10.31539/joppas.v3i1.3111

Mubarok, F. (2015). Analisis Wacana Kritik Sosial Pada Album Efek Rumah Kaca Karya Grup Band Efek Rumah Kaca. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Nugraha, T. (2022). MAKNA KAMISAN OLEH ANGGOTA PADA AKSI PENEGAKAN HAM. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 6(2), 83–91. https://doi.org/10.33751/jpsik.v6i2.6249

Nurkafi, F. A., Hasfi, N., & Nugroho, A. (2024). Memahami Pengalaman Anak Punk Kota Semarang Dalam Penggunaan Simbol-Simbol Komunitasnya. Interaksi Online, 12(2), 135–146. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/43767

Pratama, D. E., & Apriani, R. (2023). Analisis Perlindungan Hukum Konsumen bagi Penonton Bola dalam Tragedi di Stadion Kanjuruhan. SUPREMASI HUKUM, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.33592/jsh.v19i1.2921

Putra, A. M. R. (2020). Aktivisme Gerakan Aksi Kamisan Dalam Memperjuangkan Penyelesaian Hak Asasi Manusia. Epistemik: Indonesian Journal of Social and Political Science, 1(1), 85–98. https://www.journal.epistemikpress.id/index.php/Epistemik/article/view/32

Ramadhan, D. (2024). ANALISIS WACANA MULTIMODAL PADA KONTEN AKSI KAMISAN DI AKUN INSTAGRAM @AKSIKAMISAN [Universitas Sriwijaya]. https://repository.unsri.ac.id/159800/

S, G. N., Faridah, H., Masrifah, & Pratama, D. E. (2024). Tanggung Jawab Pidana Terhadap Masyarakat Yang Mengajak Orang Lain Untuk Golput Dalam Pemilu. KRTHA BHAYANGKARA, 18(2), 328–342. https://doi.org/10.31599/krtha.v18i2.755

S, G. N., Prijayanti, R. N., Faridah, H., & Pratama, D. E. (2025). Mengenal Jenis-Jenis Tindak Pidana Pers dalam Peraturan Hukum Pidana Pers di Indonesia. Deepublish.

Sari, N. N. (2020). Konstruksi Identitas Kolektif Pada Gerakan Aksi Kamisan [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56993

Schutz, A. (1970). Alfred Schutz on Phenomenology and Social Relations. The University of Chicago Press.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional (Sunarto (ed.)). Alfabeta.

Syafani, N. A. (2022). Interaksi Simbolik Komunitas Bintang Ungu dalam Kegiatan Amal [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62208

Warohmah, S. M., Ananda, V. R., Adelia, F., Habib, F. A., Mustofa, D., & Saripudin, A. (2024). Perlindungan Hukum terhadap Produk Makanan KUALAT (Kulit Ayam Lada Nikmat) sebagai Potensi Indikasi Geografis Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(14), 873–880. https://doi.org/10.5281/zenodo.13749321


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.