(2) Siti Nursanti
(3) Eka Yusup
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh brand Maternal Disaster dalam mempromosikan produknya melalui media sosial Instagram, dengan menggunakan pendekatan model Circular Some (Share, Optimize, Manage, Engage). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari pihak manajemen promosi Maternal Disaster serta beberapa konsumen aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan tidak hanya berfokus pada promosi produk semata, tetapi juga membangun keterlibatan emosional melalui konten visual, kolaborasi dengan influencer, serta respons yang cepat terhadap interaksi audiens. Strategi ini berhasil meningkatkan engagement, memperluas jangkauan audiens, serta mendorong konversi penjualan melalui Instagram. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Circular Some secara konsisten dapat memperkuat efektivitas komunikasi pemasaran di media sosial.
KeywordsCircular Some; Komunikasi Pemasaran; Instagram; Media Sosial; Promosi Produk
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2081-2092 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.2081-2092 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Anggrahini, M. A., Juwita, R., & Boer, K. M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran 3sshop melalui Jejaring Sosial Instagram [Universitas Mulawarman]. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4751
Dewi, N. P. S., Asnawi, A., Amelia, Adif, R. M., Putri, T. D., Okviana, L., Jaya, R. C., Meltareza, R., Wiryany, D., & Bramantyo, B. D. (2024). Komunikasi Pemasaran (F. P. W. Lusianingrum (ed.)). PT Penamuda Media. https://penarepository.com/id/eprint/322/1/! Komunikasi Pemasaran_removed.pdf
Hakim, H. Al. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Produk Melalui Media Online Berbasis Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Toko Outdoor Endemik) [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/76934/Strategi-Komunikasi-Pemasaran-dalam-Mempromosikan-Produk-Melalui-Media-Online-Berbasis-Media-Sosial-Instagram-Studi-Deskriptif-pada-Toko-Outdoor-Endemik
Nurafifah, S. (2017). Strategi Promosi Maternal Disaster (Studi Deskriptif Mengenai Startegi Promosi Maternal Disaster dalam Menarik Minat Beli Konsumen di Kota Bandung) [Universitas Komputer Indonesia]. https://repository.unikom.ac.id/53780/
Pratama, D. E., & Apriani, R. (2023). Analisis Perlindungan Hukum Konsumen bagi Penonton Bola dalam Tragedi di Stadion Kanjuruhan. SUPREMASI HUKUM, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.33592/jsh.v19i1.2921
S, G. N., Faridah, H., Masrifah, & Pratama, D. E. (2024). Tanggung Jawab Pidana Terhadap Masyarakat Yang Mengajak Orang Lain Untuk Golput Dalam Pemilu. KRTHA BHAYANGKARA, 18(2), 328–342. https://doi.org/10.31599/krtha.v18i2.755
Suriadi, Sulistyo Budi Utomo, Rendro Laksmono, Rudi Kurniawan, & Loso Judijanto. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 507–513. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1940
Yati, R. (2023). Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Bisnis.Com. https://teknologi.bisnis.com/read/20230308/101/1635219/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download