(2) Rina Karlina
(3) Akmal Kurniawan
(4) Nurul Nurhaliza
(5) * Lia Muliawaty
*corresponding author
AbstractPenelitian ini mengkaji pelaksanaan prinsip Good Governance (Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, dan Supremasi Hukum) pada Bidang Pemasaran Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, serta mengidentifikasi hambatan yang menyebabkan pelaksanaannya belum optimal. Pariwisata di Garut diakui sebagai sektor strategis yang mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, menuntut pengelolaan yang efektif dan bertanggung jawab. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan kerangka analisis good governance dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi di lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa Akuntabilitas formal (E-kinerja) dan Partisipasi (bottom-up melalui Musrenbang) telah berjalan baik. Namun, pelaksanaan keseluruhan belum optimal karena hambatan struktural, seperti praktik double job dan kesenjangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), keterbatasan fasilitas, serta ketiadaan regulasi baku formal untuk pemasaran digital dan kolaborasi publik. Disimpulkan bahwa kendala tersebut menyebabkan fokus kerja lebih condong pada kepatuhan administrasi daripada kinerja substantif. Direkomendasikan agar Disparbud melakukan penataan ulang jabatan, pelatihan SDM, dan menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) baku untuk pengelolaan media sosial dan kolaborasi eksternal guna memperkuat Supremasi Hukum dan Transparansi.
KeywordsAkuntabilitas; Garut; Good Governance; Partisipasi; Pariwisata
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2196-2202 |
Article metrics10.31604/jim.v9i4.2025.2196-2202 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Aleksovska, M. (2021). Accountable for what? The effect of accountability standard specification on decision-making behavior in the public sector. Public Performance & Management Review, 44(4), 707-734. https://doi.org/10.1080/15309576.2021.1900880.
Andrianita, C., Yudi, H. T. B., & Hilman, M. (2024). Penerapan Prinsip Good governance Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus di Desa Jayanti Kabupaten. PUBLIKA?: Jurnal Ilmu Administrasi Publik. 10(2), 234-246. https://doi.org/10.25299/jiap.2023.13501.
Hidayatullah, F., Farid, M., & Afifah, N. N. (2022). Pemanfaatan influencer sebagai media promosi pariwisata Sulawesi Selatan pada akun Instagram @Visitsulsel.Id. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 272-284. https://doi.org/10.36080/ag.v10i2.2086.
Istiqomah, I. P., Djumiarti, T., & Afrizal, T. (2022). Analisis praktik good governance dalam reformasi manajemen pelayanan pertanahan pada Kantor Pertanahan Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 11(4), 314-334. https://doi.org/10.14710/jppmr.v11i4.36173.
Kallmuenzer, A., Lorenzo, D., Siller, E., Rojas, Á., & Kraus, S. (2021). Antecedents of good governance of hospitality family firms. International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 22(3), 177-190. https://doi.org/10.1177/1465750320981593.
Khairudin., Soewito., dan Aminah. (2021). Potret Kepercayaan Publik, Good Governance dan E-Government di Indonesia. Banyumas: CV. Amerta Media.
Kharisma, B., & Pirmana, V. (2016). The role of government and its provision on the quality of education: The case of public junior high schools among provinces in Indonesia period 2000-2004. Buletin Studi Ekonomi, 19(1), 1-117. https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/4463.
Kim, J.-J., & Lee, C.-J. (2022). A tourist’s gaze on local tourism governance: The relationship among local tourism governance and brand equity, tourism attachment for sustainable tourism. Sustainability, 14(24), 16477. https://doi.org/10.3390/su142416477.
Lutfianti, E. N., Wilujeng, S., & Hentika, N. P. (2023). Implementasi Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Desa Wringinrejo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 216-223. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5379.
Marwansyah. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Alfabeta.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Musa, H. G., Garad, A., & Mussa, M. (2024). Trends and Innovations in Tourism Marketing Within Government Policy. JIAN (Jurnal Ilmiah Administrasi Negara), 8(1), 182-201. https://doi.org/10.56071/jian.v8i2.886.
Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan. Program IBM SPSS Statistic 20.0. Yogyakarta: Deepublish.
Sedarmayanti. (2013). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi Dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima Dan Kepemerintahan Yang Baik). PT. Refika Aditama.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
World Bank. (1992). Governance and Development. Washington, DC.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.











Download